Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detik-detik Angkot Terseret Arus saat Berusaha Terobos Banjir Cimahi

Kompas.com - 05/12/2023, 21:46 WIB
Muhamad Syahrial

Editor

KOMPAS.com - Mobil angkutan kota (angkot) terseret banjir di Jalan Mahar Martanegara, Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat (Jabar), pada Selasa (5/12/2023) sekitar pukul 17.30 WIB.

Peristiwa itu terjadi saat wilayah tersebut diguyur hujan deras yang mengakibatkan Sungai Ciputri meluap hingga ke Jalan Mahar Martanegara.

Bukannya berhenti, sopir angkot itu memilih untuk menerobos luapan air yang deras. Akibatnya, mesin angkot itu pun mati di tengah arus air.

"Kejadiannya, saat ada arus deras, mobil itu sebetulnya mau ke arah Leuwigajah tapi karena terbawa arus jadi berbalik arah," kata salah satu warga setempat, Fajar (44), dikutip dari TribunJabar.id.

Melihat kejadian tersebut, warga pun sigap memberi bantuan dengan mendorong angkot itu hingga ke tempat yang aman.

Baca juga: Longsor Terjang Wonogiri, Satu Orang Hilang

"Tadi warga gotong royong membantu evakuasi, jadi sopir dan dua orang penumpangnya selamat karena berhasil dikeluarkan dari dalam angkot itu," ujar Fajar.

Saksi mata lainnya, Sholeh (38) menyampaikan, sopir angkot itu memang berusaha menerobos banjir. Padahal, selain cukup tinggi, aliran airnya pun sangat deras.

"Mesin angkot itu mati dan penumpang serta sopirnya masih di dalam, lalu mereka keluar karena airnya masuk ke dalam angkot," ucap Sholeh.

Setelah penumpang berhasil keluar, dia menambahkan, warga langsung mengevakuasi kendaraan tersebut.

Baca juga: Tiba di Kupang, Jokowi Bagikan Baju Bergambar Dirinya kepada Warga

"Tadi banjirnya cukup tinggi ada setengah meter, itu karena hujan deras pada pukul 17.00 WIB, kalau angkot terseret itu saat banjir pukul 17.30 WIB," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul "Angkot yang Angkut Penumpang Terseret Banjir di Cimahi, Sopir Nekat Terobos Banjir hingga Mesin Mati"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com