Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tebing 20 Meter Longsor, Akses Jalan di Cimaung Bandung Terputus

Kompas.com - 29/12/2023, 08:47 WIB
M. Elgana Mubarokah,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Usai diguyur hujan, tebing setinggi 20 meter di Kampung Campaka, Desa Campakamulya, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, longsor pada Kamis (28/12/2023). 

Kapoksek Cimaung, Ipda Budi Ma'mun mengatakan, peristiwa tersebut terjadi Kamis pukul 17.30 WIB. Akibat longsor tersebut, jalan utama di desa itu terputus dan tidak bisa dilalui kendaraan.

"Kemarin intensitas hujan cukup tinggi, sehingga terjadi pergeseran tanah yang menyebabkan terjadinya longsoran tebing, itu panjang 30 meter, lebar 6 meter, dan tinggi tebing 20 meter," ujar Budi dikonfirmasi melalui pesan singkat, Jumat (29/12/2023).

Baca juga: Mobil Brio Tertimbun Longsor di Taput dan Arus Lalu Lintas Lumpuh

Budi menjelaskan, dari keterangan saksi mata bernama Asep, longsor terjadi saat hujan turun. Saat itu, Asep mendengar suara gemuruh tak jauh dari rumahnya.

"Rumah Asep enggak jauh hanya 2 meter dari lokasi longsor. Untuk mencari tahu asal suara tersebut dia keluar dan melihat ternyata tebing berikut kebun bambu di pinggir rumah saksi sudah longsor, (saksi mata) kemudian menghubungi kepala desa dan Polsek Cimaung," katanya.

Baca juga: Longsor di Limapuluh Kota Sumbar, 1 Warga Tewas Tertimbun

Meski tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, longsor menutup jalan dan membuat beberapa makam warga rusak serta terbawa longsoran.

"Akses jalan desa tertutup total sehingga warga harus menggunakan jalan alternatif, untuk kerugian materi belum bisa diperkirakan," ucap dia.

Saat ini pembersihan material longsor tengah diupayakan. Budi menyebut pembersihan memerlukan alat berat lantaran material tanah yang menutupi jalan setebal 2 meter.

"Kita sudah koordinasi dengan Kades, BPBD Kabupaten Bandung karena diperlukan alat berat untuk membersihkan material longsoran yang menutupi jalan desa dan pohon bambu dan diperkirakan ada makam warga yang terbawa longsor," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com