Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Tukang Jahit di Indramayu Jadi Caleg, Berjuang Siang Malam dengan Modal Terbatas

Kompas.com - 25/01/2024, 15:01 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Reni Susanti

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com - Aktivitas Yuliyah Sukarja (51) seorang tukang jahit Permak Levis, di Jalan Pangeran Cakrabuana, Kelurahan Sendang, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, kian sibuk.

Selain tugas jahitan yang banyak, kini dia disibukan dengan aktivitas kampanye sebagai salah satu Calon Anggota Legislatif (Caleg) Daerah Pemilihan (Dapil) 3 Kabupaten Indramayu.

Saat ditemui Kompas.com di kontrakan permak levisnya pada Kamis (25/1/2024), Yuliyah sesekali menyeka kening. Raut wajahnya tampak lelah. Namun, dia terus bergerak dan tak henti bekerja, penuh semangat.

Baca juga: Kisah Penyandang Disabilitas Jadi Caleg Modal Pas-pasan, Apa yang Diperjuangkan?

Kakinya naik turun menginjak pedal mesin jahit. Tangan kanan memegang pakaian yang mau dijahit sambil sesekali memutar roda putar. Tatapan matanya tajam pada tiap jarum dan benang yang menghujam garis jahitan.

"Setiap hari begini, Mas. Pagi sampai siang di Cirebon permak levis, nanti agak sore ke Indramayu, sampai malam, karena harus kampanye bertemu orang-orang," kata Yuliah.

Yuliyah rela pulang pergi Cirebon-Indramayu satu sampai tiga hari sekali untuk tetap dapat menafkahi diri, sekaligus memperjuangkan harapannya mengabdi masyarakat.

Baca juga: Cerita PRT, Sopir Angkot, Penjual Sabun dan Tukang Mi Ayam Maju Jadi Caleg: Total Uang Keluar Rp 1,5 Juta (3)

 

Dari usaha ini, dia dapat mengantongi untung Rp 200.000-300.000 setiap harinya.

Kondisi modal yang terbatas membuatnya kian tertantang. Dia mencoba ingin membuktikan menjadi seorang caleg tanpa modal besar.

Menurutnya hal ini juga bagian dari edukasi bahwa caleg tidak melulu identik dengan modal banyak uang.

Yuliyah meyakini, selama apa yang diperjuangkan benar, pengabdian tulus pada masyarakat, dan kesungguhan akan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Awal Mula Menjadi Caleg

Yuliyah Sukarja, sedang menjahit pakaian di kontrakannya yang dijadikan tempat usaha di jalan Pangeran Cakrabuana Kelurahan Sendang Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon Jawa Barat, Kamis (25/1/2024). Yuliyah menjadi caleg dari partai Nasdem Dapil 3 DPRD Kabupaten Indramayu.MUHAMAD SYAHRI ROMDHON Yuliyah Sukarja, sedang menjahit pakaian di kontrakannya yang dijadikan tempat usaha di jalan Pangeran Cakrabuana Kelurahan Sendang Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon Jawa Barat, Kamis (25/1/2024). Yuliyah menjadi caleg dari partai Nasdem Dapil 3 DPRD Kabupaten Indramayu.

Perkenalan Yuliyah dengan politik tak sengaja. Beberapa waktu lalu, dia bersama suaminya, Sukirno, suaminya, berkunjung ke rumah teman suaminya, anggota DPRD Provinsi Jawa Barat.

Mereka bertiga berbincang, hingga Yuliyah mendapatkan inspirasi bahwa politik adalah salah satu jalan untuk mengabdi pada masyarakat.

Orang itupun, menawarkan agar Yuliyah menjadi caleg. Ia menilai Yuliyah dan Sukirno pasangan suami istri pekerja keras dan tidak berpangku tangan.

Pernyataan itu terngiang di telinga Yuliyah dan hingga memutuskan untuk mencoba mengikuti jejak langkah menjadi seorang anggota legislatif di Kabupaten Indramayu.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com