Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendakian Gunung Ciremai Ditutup sampai 11 April 2024

Kompas.com - 13/03/2024, 18:00 WIB
Teuku Muhammad Valdy Arief

Editor

KOMPAS.com-Pendakian Gunung Ciremai di wilayah Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, ditutup sementara.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) Maman Surahman mengatakan, penutupan tersebut berlangsung mulai 11 Maret 2024 sampai 11 April 2024.

Penutupan ini untuk memulihkan ekosistem secara alami di gunung yang tingginya 3078 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut.

"Langkah ini diambil sebagai upaya pemeliharaan dan pemulihan ekosistem alam di Gunung Ciremai," ujar Maman Surahman saat dihubungi Tribuncirebon.com, Rabu (13/3/2024).

Baca juga: Kebakaran Hutan Gunung Ciremai Capai 177 Hektar, Terluas 3 Tahun Terakhir

Penutupan sementara tersebut juga bertujuan untuk membiarkan flora dan fauna di Gunung Ciremai berkembang secara alami tanpa kehadiran manusia.

"Nantinya, lima jalur pendakian Gunung Ciremai di wilayah Majalengka dan Kuningan ini akan dibuka kembali secara efektif mulai 12 April 2024," kata Maman Surahman.

Keputusan tersebut telah disepakati bersama para mitra pariwisata di kawasan Gunung Ciremai baik di wilayah Kabupaten Majalengka maupun Kabupaten Kuningan.

Baca juga: Kamera Pemantau di Gunung Ciremai Rekam Kehadiran 3 Macan Tutul Baru

 

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Seluruh Jalur Pendakian Gunung Ciremai Ditutup Selama Satu Bulan, Buka Lagi 12 April 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com