Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG Bandung Imbau Masyarakat Waspadai Hujan Sepanjang Mudik Lebaran

Kompas.com - 03/04/2024, 19:07 WIB
Faqih Rohman Syafei,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung memprediksi pada periode mudik Idul Fitri 1445 Hijriah cuaca masih akan terjadi hujan ringan pada siang hingga sore.

Kepala BMKG Bandung, Teguh Rahayu mengatakan, potensi cuaca ekstrem bisa saja terjadi pada saat momen mudik Idul Fitri. Mengingat, cuaca di Indonesia saat ini tengah memasuki musim pancaroba.

"Perakiraan cuaca pada saat arus mudik yaitu tanggal 5 sampai 10 April 2024 pada umumnya cerah berawan hingga berawan. Namun potensi hujan ringan pada siang hingga sore hari masih harus diwaspadai untuk seluruh wilayah Jawa Barat," ujarnya dalam keterangan resminya, Rabu (3/4/2024).

Baca juga: Jelang Arus Mudik Lebaran, BMKG Siap Terapkan Modifikasi Cuaca

Dia meminta, para pengguna jalan untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi pada tanggal 5, 7 dan 10 April 2024.

"Potensi hujan sedang - lebat juga masih berpotensi terjadi terutama pada tanggal 5 April 2024 pada siang - hingga malam hari merata hampir di seluruh Jabar," kata Teguh.

"Pada tanggal 7 April 2024 pada siang - sore hari di Jabar bagian tengah, dan 10 April 2024 malam hari, wilayah Jabodetabek," tambahnya.

BMKG Bandung juga mengimbau masyarakat untuk memperhatikan faktor potensi bencana hidrometeorologi di sejumlah wilayah rawan bencana.

Baca juga: Jalannya Sempit, Puncak 2 Cianjur Tak Direkomendasikan Jadi Jalur Mudik

Mengingat, wilayah Jabar merupakan daerah rawan bencana pada saat musim hujan terlebih pada saat musim pancaroba. sepeti hujan lebat disertai angin kencang pada skala lokal.

"Masyarakat dihimbau untuk selalu memantau perkembangan cuaca melalui kanal resmi BMKG dan instansi terkait untuk update cuaca yang resmi dan akurat," kata Teguh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com