Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Goa Sunyaragi Cirebon Dikunjungi 1.000-an Turis Selama Lebaran

Kompas.com - 15/04/2024, 16:10 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

Sumber Antara

CIREBON, KOMPAS.com - Badan Pengelola Taman Air Goa Sunyaragi (BPTAGS) menyebutkan, obyek wisata sejarah yang berada di ruas arteri Kota Cirebon, Jawa Barat tersebut, dikunjungi ribuan wisatawan selama libur panjang Lebaran 2024.

Kepala Bagian Humas dan Pemasaran BPTAGS Eko Ardi Nugraha menyebut, hingga Senin siang (15/4/2024) wisatawan yang datang ke Goa Sunyaragi jumlahnya mencapai 2.359 pengunjung, dan diprediksi bakal bertambah sampai sore ini.

“Dari tanggal 10-14 April 2024, obyek wisata Goa Sunyaragi ramai dikunjungi wisatawan khususnya yang berasal dari Jakarta, Bandung, Brebes, Semarang dan kota besar lain,” kata Eko di Cirebon.

Baca juga: Polisi Terapkan Rekayasa di Jalur Arteri Kota Cirebon di H+5 Lebaran

Menurut dia, jumlah kunjungan itu menjadi capaian yang positif, karena Goa Sunyaragi merupakan salah satu situs sejarah penting di Kota Cirebon.

“Obyek Wisata Goa Sunyaragi merupakan situs bersejarah di Kota Cirebon. Situs Sunyaragi menjadi salah satu tanah wewengkon Kasultanan Kasepuhan yang bertujuan untuk pelestarian dan edukasi,” ujar dia.

Eko menyebutkan, berdasarkan data, kunjungan turis domestik ke Goa Sunyaragi mulai terjadi pada H+1 Lebaran 2024 dengan jumlah wisatawan yang singgah sekitar 543 orang. Kemudian, angkanya meningkat menjadi 621 wisatawan pada H+2 Lebaran.

“Pada Sabtu (13/4/2024) jumlahnya mencapai 821 orang, dengan waktu kedatangan pengunjung terbanyak saat siang dan menjelang sore."

"Setelahnya pada Minggu (14/4/2024), jumlah pengunjung kembali normal sebanyak 374 orang,” tutur dia. 

Baca juga: Dishub Cirebon: 261.420 Kendaraan Kembali ke Jakarta di H+5 Lebaran

“Kami mengucapkan terima kasih bagi pihak keamanan khususnya dari Polres Cirebon Kota dan Kodim 0614, juga kepada rekan-rekan pers yang ikut mempromosikan Goa Sunyaragi sebagai tujuan wisata,” ucap dia.

Ia menambahkan obyek wisata Goa Sunyaragi buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB, dengan harga tiket umum sebesar Rp10.000-15.000 per orang.

“Tiket obyek wisata ini juga bisa dibeli secara daring atau melalui laman Cirebon Tiket dengan harga terjangkau,” kata dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com