Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DLH Jabar Klaim 75 Persen Sampah di Sungai Citarum Sudah Diangkut

Kompas.com - 13/06/2024, 17:12 WIB
Faqih Rohman Syafei,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com-Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat mengeklaim pembersihan lautan sampah di bawah Jembatan Sapan, Kabupaten Bandung Barat sudah mencapai 75 persen.

"Hari ini 75 persen sudah bersih," kata Kadis LH Jabar Prima Mayaningtyas dalam keterangan resminya, Kamis (13/6/2024).

Prima mengatakan, pembersihan tumpukan sampah di bawah jembatan yang menghubungkan Kecamatan Batujajar dan Cihampelas dilakukan secara gotong royong lintas sektoral.

Baca juga: Pemulung Sampah di Citarum, Cuma Cari Plastik, Mayat Pun Diabaikan

Personel yang terlibat mulai dari BPBD Jabar, Pemda Kabupaten Bandung Barat, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, Dansektor Citarum Harum dan juga relawan.

"Diskar PB Kota Bandung turut bergabung dalam tim yang terdiri dari petugas Pemda Kabupaten Bandung Barat, BPBD Jabar, Kodam III Siliwangi, Dansektor 9, BBWS Citarum, dan relawan lainnya," ujar Prima.

Dia menyebutkan, banyaknya timbunan sampah di aliran Sungai Citarum membuat pembersihan akan memakan waktu. Alat berat pun sudah dikerahkan ke lokasi untuk mengeruk dan mengakut sampah.

Meski demikian, berdasarkan arahan dari Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin ditargetkan kegiatan tersebut rampung dalam satu pekan.

"Upaya pembersihan akan terus dilakukan dalam waktu lima hingga tujuh hari ke depan dengan meningkatkan pengendalian sampah di seluruh Sub DAS Bandung Raya," kata Prima.

Baca juga: Sampah di Sungai Citarum Diangkut ke TPA Sarimukti

Sebelumnya, sampah yang menumpuk di perairan Sungai Citarum tepatnya di bawah Jembatan Babakan Sapan (BBS) Batujajar diperkirakan lebih dari 100 ton.

Sampah hasil pembersihan selanjutnya akan diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat. Alasannya lokasi TPA tersebut tidak jauh dari Jembatan BBS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com