Salin Artikel

Wali Kota Bandung: Stok Pangan Aman, Sepanjang Ramadhan sampai Lebaran

Hal tersebut diungkapkan Oded seusai meninjau gudang Bulog Cabang Bandung, Jalan Gedebage Selatan, bersama Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Rabu (7/4/2021).

"Insya Allah (sampai) 5 sampai 6 bulan ke depan sudah siap (menyediakan kebutuhan pokok) di sini. Mudah-mudahan menjelang Ramadhan, khususnya di Kota Bandung, memiliki kesiapan sembako yang cukup sehingga masyarakat tidak terlalu susah mencari bahan pokok," kata Oded, Rabu siang.

Lebih lanjut, Oded memastikan mutu pangan yang tersedia di Bulog, seperti beras, gula, minyak goreng, dan daging sapi beku, terjamin kualitasnya untuk dikonsumsi.

"Saya sudah mengecek barang-barang di sini mulai dari beras, minyak, daging, sudah cukup siap," akunya.

Oded berharap, Bulog dapat terus mempertahankan harga kebutuhan pangan agar tetap terjangkau masyarakat. Namun, yang lebih utama, dii akan tetap berupaya tidak terjadi kelangkaan di Kota Bandung.

"Harga, alhamdulillah cukup bagus dan stabil. Mudah-mudahan ini membuktikan pemerintah punya kesiapan menghadapi Ramadhan dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," jelasnya.

Selain ke Gudang Bulog Cabang Bandung, Oded juga menyambangi gudang ritel Yogya Supermarket, Jalan Buahbatu, untuk mengecek ketersediaan bahan pangan untuk kebutuhan ritel jelang Ramadhan.

"Alhamdulillah, saya lihat di sini juga sudah cukup tersedia kebutuhan sembako menjelang bulan Ramadhan. Harga-harga juga masih relatif stabil," tutur Oded. 

Sementara itu, Pimpinan Cabang Bulog Bandung, Yuliani Alzam, memastikan stok kebutuhan pokok  yang ada saat ini masih fresh dan segar karena barang baru pada tahun 2021.


Menurut dia, penerimaan stok di bulog khususnya beras telah melalui penyortiran yang ketat. Mulai dari beras medium, hingga beras premium.

"Persediaan beras medium aman. Per hari ada 2.200 ton. Cukup untuk 5 sampai 6 bulan ke depan. Beras medium adalah produksi tahun 2021. Ini baru, bisa saya pastikan," ujar Yuliani.

Sedangkan untuk beras premium, lanjut Yuliani, pihaknya sudah menyiapkan pasokan baik untuk ritel ataupun kebutuhan untuk memenuhi permintaan Pemerintah Kota Bandung yang akan membagikan paket sembako murah jelang Idulfitri mendatang.

"Ada untuk kebutuhn ritel dan untuk kebutuhan pembagian sembako yang akan dibagikan Pemerintah Kota Bandung untuk 50 ribu KPM. Per hari ini, beras premium ada 70 ton untuk kebutuhan rite. Untuk kebutuhan pokok daerah (kepokda), per hari ini masuk sekitar 100 ton. Untuk Kepokda 250 ton, tapi yang 150 ton ini Insya Allah satu minggu selesai," tandasnya.

Selain Kota Bandung, Bulog Cabang Bandung juga bertugas untuk menyangga kebutuhan pangan untuk Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Sumedang.

https://bandung.kompas.com/read/2021/04/08/074603078/wali-kota-bandung-stok-pangan-aman-sepanjang-ramadhan-sampai-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke