Salin Artikel

Warga Jabar, Begini Cara Dapatkan Obat Gratis Saat Isolasi Mandiri

Fitur itu memuat layanan obat atau suplemen gratis bagi warga yang sedang menjalani isoman.

Pasien isoman yang ingin mendapat obat atau suplemen gratis bisa mengetik Pikobar pada laman pencarian.

Di sana, Anda akan menemukan fitur Isoman. Setelah itu, pilih kanal permohonan kebutuhan vitamin atau obat.

Setelah masuk, Anda harus mengisi formulir pengajuan yang memuat beragam persyaratan yang harus dipenuhi. Seperti mengisi nomor KTP hingga hasil tes terkonfirmasi positif.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, fitur Isoman digagas untuk memudahkan masyarakat Jabar yang menjalani isoman dalam mengakses layanan telekonsultasi serta pengajuan paket obat dan multivitamin.

"Selama ini kami melihat tekanan luar biasa pada rumah sakit. Padahal tidak semuanya sebenarnya perlu dirawat di rumah sakit, hanya sekian persen sebenarnya bisa dirawat di luar rumah sakit atau menjalani isoman," kata Emil, sapaan akrabnya, dalam keterangan tertulis, Senin (5/7/2021).

Emil berharap layanan telekonsultasi yang dihadirkan itu dapat menjadi upaya bersama dalam mengurangi beban fasilitas kesehatan dan rumah sakit di Jabar.

Apalagi tingkat keterisian tempat tidur RS di Jabar per Minggu (4/7/2021) mencapai 91,05 persen.

"Yang menjalani isoman jumlahnya cukup banyak dan saya menerima komplain dari warga yang kebingungan harus berkonsultasi ke siapa. Lalu, mereka juga kebingungan mendapatkan obat-obatan dan suplemen," ucapnya.


"Problem di luar rumah sakit ini menjadi latar belakang dan inisiatif Pemda Provinsi Jabar membuka konsultasi dokter secara online melalui Pikobar dan memberi obat serta suplemen gratis sesuai prosedur kepada mereka yang isoman," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, untuk memenuhi kebutuhan obat dan suplemen bagi pasien isoman, Pemrov Jabar melakukan refocusing anggaran pembangunan 11 proyek infrastruktur sebesar Rp 140 miliar untuk penanganan Covid-19.

"Kami menunda dan membatalkan 11 proyek infrastruktur untuk kepentingan penanganan covid, khususnya penyediaan obat dan vitamin bagi warga yang isoman. Sehingga, banyak yang bisa sembuh dan penularan dapat dikendalikan," kata Emil.

Emil berharap perusahaan farmasi bisa secepatnya memasok obat-obatan yang sudah dipesan ke gudang Pemda Provinsi Jabar.

Unutk pesanan obat yang sudah masuk lewat aplikasi, ia juga berharap untuk langsung dikirim ke rumah masing-masing pasien Covid-19 yang menjalani isoman.

https://bandung.kompas.com/read/2021/07/05/162303678/warga-jabar-begini-cara-dapatkan-obat-gratis-saat-isolasi-mandiri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke