Salin Artikel

Tukang Bubur Gratiskan Dagangannya untuk Pasien Covid-19 Isoman, Kini Ponselnya Tak Berhenti Berdering

"Kemampuan saya masih terbatas, jadi hari ini saja hanya mampu mengirimkan 120 porsi bubur untuk yang isoman," ujar Gufron saat dihubungi Kompas.com melalui telepon seluler, Jumat (9/7/2021).

Awalnya, warga Babakan Ciparay, Kota Bandung, ini melihat satu per satu tetangganya terpapar Covid-19. Namun, belum ada bantuan dari pemerintah.

Lalu ibu-ibu majelis taklim di daerahnya gotong royong untuk menyediakan pangan. Ia pun turut ambil bagian di dalamnya sejak awal pandemi.

Berjalannya waktu, Gufron membantu warga yang isoman dengan jarak maksimal 2 kilometer dari outletnya. Kemudian ia memperluas bantuannya menjadi 10 kilometer per hari.

Untuk mendapatkan bantuan ini, caranya sederhana. Warga yang tengah isoman hanya perlu chat WhatsApp ke nomor 085156526257.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Yakni melampirkan foto swab/PCR positif, beradius 10 kilometer dari outlet, dan hanya selama PPKM Darurat.

"Outlet kami ada di Jalan Terusan Suryani No 30 RT/RW: 06/03 Kelurahan Warung Muncang Kecamatan Bandung Kulon, Bandung," ungkap Gufron.

Nantinya, paket yang berisi bubur ayam campur kacang goreng, bawang, cakwe, ayam, dan kerupuk ini akan dikirimkan dengan ojek online.

"Untuk ongkos kirim ojek onlinenya ditanggung penerima," tutur dia.

Di luar prediksinya, begitu broadcast itu tersebar, ponselnya tidak pernah berhenti berbunyi. Chat dari warga yang terpapar Covid-19 terus berdatangan.

Bahkan wartawan hingga tim Gubernur Jabar Ridwan Kamil pun mengontaknya. Rencananya Ridwan Kamil akan ke tempatnya hari ini pukul 15.00 WIB.

"Karena keterbatasan saya, 120 porsi ini sudah habis. Chat yang saya terima sekarang, saya list untuk besok," katanya.

Melihat banyaknya warga yang membutuhkan pangan, ada tambahan donasi dari orang sekitar. Ia berharap semakin banyak yang bisa berdonasi.


Kendala lainnya adalah ojek online. Ia kesulitan mendapat ojol di pagi hari saat harus mengantarkan makanan ke warga yang tengah isoman.

Ketika ditanya tentang penghasilan, Gufron mengaku rata-rata pendapatan kotornya Rp 600.000 per hari.

"Alhamdulillah, penghasilan saya termasuk yang tidak terdampak pandemi. Sebelum pandemi sampai sekarang masih sama sekitar Rp 600.000," ucap warga Babakan Ciparay ini menjelaskan.

https://bandung.kompas.com/read/2021/07/09/153202578/tukang-bubur-gratiskan-dagangannya-untuk-pasien-covid-19-isoman-kini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke