Salin Artikel

Wujudkan Janji Politik Almarhum Oded, Plt Wali Kota Bandung Evaluasi Kinerja Pejabat

BANDUNG, KOMPAS.com - Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana akan mengevaluasi kinerja pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Bandung.

Hal itu dilakukan untuk memberikan penyegaran dalam rangka mewujudkan janji politik almarhum Wali Kota Bandung Oded M Danial dan dirinya saat kampanye.

"Di sisa waktu 21 bulan ini, saya dan teman-teman sudah sepakat untuk menyelesaikan janji politik almarhum dan saya yang belum terselesaikan," kata Yana di Bandung, Minggu (26/12/2021) malam.

Karena itu, untuk mewujudkan janji politiknya itu, Yana membutuhkan evaluasi, rotasi dan mutasi pejabat di lingkungan Pemkot Bandung pada eselon II, III, dan IV.

Menurutnya, evaluasi, mutasi dan rotasi pejabat di lingkungan pemerintah daerah wajar dilakukan di akhir tahun. Untuk itu, bagi pejabat yang merasa kinerjanya baik dan punya kemampuan tidak perlu khawatir akan diganti.

Yana memastikan tidak ada unsur politis dalam evaluasi kinerja jajarannya itu. Evaluasi itu akan dilakukan menyeluruh pada pejabat setingkat kepala bidang, kepala dinas, kepala bagian, sekretaris daerah (Sekda).

Sebab, Sekda merupakan pejabat eselon II sehingga turut dievaluasi.

"Untuk mengetahui kinerjanya selama ini, apakah perlu untuk diganti atau tidak. Karena kan sekarang banyak yang secara golongan sudah memenuhi syarat untuk menjadi Sekda," kata Yana.

Yana menyebutkan, evaluasi harus dilakukan setiap tahun di semua sektor untuk meningkatkan kinerja pemerintah di lingkungan Pemkot Bandung.

"Saya juga sebagai pimpinan mendapat evaluasi dari dewan, jadi wajar kalau saya juga melakukan evaluasi terhadap staf saya," ujarnya.

Beberapa hal yang menurut Yana masih belum terpenuhi janji politiknya adalah persoalan infrastruktur, penanganan banjir, sampah dan ketahanan pangan.

Menurutnya, selama ini kebutuhan pangan di Kota Bandung banyak dipenuhi oleh kabupaten dan kota di sekitarnya.

Yana berharap, jajarannya tetap bekerja dengan baik serta fokus melayani kepentingan masyarakat.

https://bandung.kompas.com/read/2021/12/27/081317478/wujudkan-janji-politik-almarhum-oded-plt-wali-kota-bandung-evaluasi-kinerja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke