Salin Artikel

3 Rumah di Cianjur Rusak Diterjang Longsor, Belasan Warga Mengungsi ke Balai Desa

Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun 16 jiwa dari empat kepala keluarga (KK) terpaksa mengungsi. 

Camat Sukanagara Robby Airlangga mengatakan, tiga rumah yang rusak tersebut akibat tertimpa material pondasi yang ambruk usai diguyur hujan deras secara terus-menerus.

"Belasan warga yang terdampak saat ini diungsikan untuk sementara ke balai desa,” kata Robby saat dihubungi via telepon seluler, Rabu.

Ia mengatakan, pihak kecamatan telah mendistribusikan logistik untuk memenuhi kebutuhan warga terdampak dan melaporkan kejadian tersebut ke pihak terkait.

"Kita percepat penanganan, terlebih kondisi cuaca saat ini masih diguyur hujan. Bantuan seadanya untuk para korban telah didistribusikan," ujar Robby.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur Rudi Wibowo mengatakan, longsor di Sukanagara tersebut dipicu intensitas hujan yang tinggi.

"Terjadi pergeseran tanah hingga mengakibatkan longsor. Sedang dalam penanganan Retana (relawan BPBD) setempat,” kata Rudi.

Rudi mengingatkan masyarakat, terutama yang tinggal di daerah rawan bencana untuk meningkatkan kewaspadaan, mengingat curah hujan dengan intensitas tinggi saat ini.

"Kalau hujan terus-terusan selama dua jam, warga yang tinggal di daerah rawan bencana sebaiknya bersiap mengungsi atau mengevakuasi secara mandiri," ujar Rudi.

https://bandung.kompas.com/read/2021/12/29/203350978/3-rumah-di-cianjur-rusak-diterjang-longsor-belasan-warga-mengungsi-ke-balai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke