Salin Artikel

Polisi Bakal Panggil Pengunggah Video Ceramah Bahar Bin Smith di Youtube

Sebelumnya, Polisi telah menggeledah rumah pengunggah video dugaan ujaran kebencian, dan mendapatkan sejumlah barang bukti berupa satu unit ponsel, satu laptop, satu akun chanel media youtube atas nama TR satu email, hingga flashdisk.

Berdasarkan temuan itu, Polda Jabar berencana memanggil TR untuk dimintai keterangan terkait unggahan video ceramah Bahar.

"Kami akan memeriksa TR," kata Tim Penyidik Polda Jabar Komisaris Besar Polisi Arief Rachman, di Mapolda Jabar, Minggu (2/1/2022).

Sementara itu, Polda Jabar juga telah melayangkan surat pemanggilan kepada Bahar untuk dimintai keterangan pada Senin (3/1/2022).

Polisi sudah memastikan Bahar menerima surat panggilan tersebut.

Kasus dugaan ujaran kebencian ini telah naik status menjadi penyidikan berdasarkan laporan polisi bernomor B 6354/12/2021 SPKT PMJ 2021.

Dari kasus ini, Polda Jabar telah mendapatkan enam item barang bukti yang sudah dikirimkan ke Laboratorium Digital Forensik, dan memeriksa 50 orang saksi yang dibagi menjadi beberapa klaster untuk mempermudah proses identifikasi saksi.

Saksi klaster Bandung yang merupakan orang di tempat ceramah.

Sedangkan saksi klaster Garut yang berisikan 10 saksi, kemudian empat saksi pelapor, dan 21 orang saksi ahli.


"Tindak lanjutnya penyidik akan terus mengungkap kasus ini dan memeriksa saksi lain yang diperlukan secara profesional dan scientifik," ucap Arief.

Diberitakan sebelumnya, dugaan ujaran kebencian yabg dilakukan Habib Bahar bin Smith ini terjadi pada 11 Desember 2021 di wilayah Margaasih, Kabupaten Bandung, saat itu Bahar sedang berceramah. 

"Kemudian (rekaman) diupload ke dalam satu akun YouTube dan kemudian disebarkan, ditransmisikan sehingga viral di media sosial," kata Arief.

Mendapati laporan itu, polisi memeriksa sejumlah saksi dan secara stimultan melakukan pemeriksaan lainnya, bahkan pada 30 Desember 2021, polisi telah melayangkan surat pemangggilan kepada Bahar bin Smith,

Rencana Bahar diagendakan untuk dimintai keterangan pada 3 Januari 2022 di Mapolda Jabar.

https://bandung.kompas.com/read/2022/01/02/120654378/polisi-bakal-panggil-pengunggah-video-ceramah-bahar-bin-smith-di-youtube

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke