Salin Artikel

Hari Kedua 2022, 35.825 Kendaraan Masuk ke Puncak Bogor

Dari jumlah tersebut, sebanyak 35.825 kendaraan masuk melalui arah Puncak Bogor atau Gerbang Tol (GT) Ciawi, Kabupaten Bogor.

Jumlah tersebut dilaporkan naik sebesar 12,4 persen dari lalu lintas normal.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menyebutkan, sejumlah kendaraan itu melintasi atau masuk melalui empat GT utama yaitu GT Cikampek Utama, GT Kalihurip Utama (arah Timur), GT Cikupa (arah Barat) dan GT Ciawi (arah Selatan).

"Jumlah kendaraan yang kembali dari arah Puncak Bogor melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 35.825 kendaraan, naik sebesar 12,4 persen dari lalin normal," kata Heru dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompas.com, Minggu (2/1/2022).

Untuk distribusi lalu lintas kembali ke Jabotabek dari keempat arah yaitu mayoritas sebanyak 70.109 kendaraan atau 51,1 persen, dari arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), dari Arah Barat (Merak) sebanyak 31.273 kendaraan atau 22,8 persen, dan sebanyak 35.825 kendaraan atau 26,1 persen dari arah Puncak Bogor.

"Total lalin kembali ke Jabotabek dari arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 70.109 kendaraan, naik sebesar 7,0 persen dari lalin normal," ungkapnya.

Dia mengimbau kepada pengguna jalan tol dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

Selain itu, pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (Prokes) saat berada di rest area, isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup.

Kemudian patuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara.


Terpisah, KBO Lantas Polres Bogor Iptu Ketut Lasswarjana melaporkan bahwa saat ini kendaraan yang kembali diperkirakan ada 20.000 di jalur Puncak Bogor.

"Betul (ramai), masyarakat atau pengendara yang masih ada di atas itu kurang lebih 20 ribu kendaraan, dari hari Jumat Sabtu dan siang ini," kata Ketut di Pospol Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor.

Sejauh pantauan petugas hari ini, lanjut dia, kondisi arus lalu lintas yang mengarah ke Jakarta masih terbilang ramai atau padat.

Ia menuturkan, meningkatnya volume kendaraan yang menuju Jakarta karena bertepatan dengan arus balik libur panjang tahun baru di akhir pekan.

"Iya memang terlihat di CCTV saat ini terpantau ada peningkatan terutama di titik-titik rawan kemacetan seperti Megamendung dan Pasar, itu ada antrean panjang menuju Jakarta," ungkap dia.

Untuk mengurangi kepadatan tersebut, Kepolisian Resor Bogor menerapkan sistem one way atau satu arah ke Jakarta.

Hal tersebut dilakukan karena arus lalu lintas yang mengarah ke Jakarta atau dari atas Puncak terus meningkat.

Ketut menyampaikan, penerapan one way tersebut sifatnya hanya situasional, tergantung kondisi arus lalu lintas di lapangan.

https://bandung.kompas.com/read/2022/01/02/141238178/hari-kedua-2022-35825-kendaraan-masuk-ke-puncak-bogor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke