Salin Artikel

Wali Kota Bekasi Ditangkap KPK, Ridwan Kamil Pastikan Pembangunan Terus Berlanjut

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan segera memberi pengarahan kepada para pejabat di Pemerintah Kota Bekasi (Pemkot) pasca-penangkapan Wali Kota Rahmat Effendi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pada prinsipnya, kata Ridwan, pihaknya menghargai proses hukum yang saat ini tengah berlangsung.

"Tentunya kita menghargai proses hukum yang terjadi kepada Pak Pepen sesuai fakta-fakta yang tentunya hadir dimasalah ini. Awal minggu depan saya akan ke Kota Bekasi memberikan arahan kepada eselon II dan III di Kota Bekasi untuk merespons dan melanjutkan arah pembangunan sambil menguatkan bahwa kepemimpinan tidak boleh terkendala," jelasnya, Jumat (7/1/2022).

Tunjuk Plt Wali Kota Bekasi

Sementara itu, untuk mengisi kekosongan jabatan wali kota, Ridwan Kamil menunjuk Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bekasi.

Penugasan itu dilakukan di Rumah Dinas Gubernur Jabar atau Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat.

"Jadi hari ini Pak Wakil dipanggil ke Bandung karena kami tadi menyerahkan surat pengangkatan beliau sebagai Plt Wali Kota Bekasi. Dengan surat itu maka beliau bisa melakukan pelayanan publik, menandatangani dokumen, hal yang bersifat hukum karena tidak boleh ada kekosongan hukum," kata Emil sapaan akrabnya.

Emil berharap, dengan langkah itu, pelayanan kepada masyarakat Bekasi tidak terganggu.

"Mudah-mudahan bisa sampai ke warga Bekasi bahwa pelayanan ke masyarakat tidak terkendala karena surat tadi sudah disampaikan," ungkapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, tim KPK masuk ke rumah dinas Wali Kota dan mengamankan beberapa pihak diantaranya Rahmat Effendi, Lurah Kati Sari Mulyadi alias Bayong, staf sekaligus ajudan Rahmat Effendi, Bagus Kuncorojati dan beberapa ASN Pemkot Bekasi, Kamis (6/1/2022).

KPK juga mengamankan sejumlah barang bukti yang diduga terkait dugaan kasus suap pengadaan barang dan jasa serta lelang jabatan di Pemkot Bekasi.

“Selain itu ditemukan bukti uang dengan jumlah miliaran dalam pecahan rupiah,” ucap Firli.

(Penulis: Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani | Editor: Khairina)

https://bandung.kompas.com/read/2022/01/07/175928778/wali-kota-bekasi-ditangkap-kpk-ridwan-kamil-pastikan-pembangunan-terus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke