Salin Artikel

10 Rumah di Tasikmalaya Tertimpa Pohon Tumbang akibat Puting Beliung

Pohon-pohon berukuran lebih dari 20 meter itu menimpa rumah di beberapa kampung.

Sebagian mengalami kerusakan pada bagian atap hingga tembok rumah yang ambruk.

Para pemilik rumah berhasil menyelamatkan diri dengan keluar rumah saat kejadian.

"Cuaca ekstrem di wilayah Tasikmalaya diprediksi masih akan terus terjadi beberapa hari ke depan sesuai prediksi BMKG," ujar Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya Indra Risdianto kepada Kompas.com, Rabu (12/1/2022).

Indra mengatakan, 10 rumah yang rusak itu tersebar di Kampung Babakan Nagerang, Pagergunung, Negla dan Sukabakti Kelurahan Singkup.

"Untuk sementara, atap rumah yang jebol ada yang ditutupi pakai terpal. Ada pula para korban yang memilih mengungsi ke rumah saudaranya yang dinilai relatif aman," kata dia.

Tim BPBD, kepolisian dan TNI dibantu warga sekitar secara bahu-membahu memotong reruntuhan pohon yang menimpa rumah tersebut.

Menurut Indra, di Kecamatan Purbaratu kondisinya masih banyak pohon-pohon besar, karena wilayahnya masih perbukitan dan pegunungan.

Ada sebagian pohon di dekat rumah warga yang harus ditebang supaya kejadian serupa tidak terulang.

"Kami dari tim gabungan tetap siaga, terutama menghadapi berbagai bencana yang datang di musim penghujan, karena dapat menyebabkan banjir, longsor, pergerakan tanah dan angin kencang. Kami meminta masyarakat selalu waspada, apalagi saat turun hujan lebat," kata dia.

https://bandung.kompas.com/read/2022/01/12/131637878/10-rumah-di-tasikmalaya-tertimpa-pohon-tumbang-akibat-puting-beliung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke