Salin Artikel

Tanggapan Disdik Jabar soal Tradisi "Lingkaran Setan" Pramuka di SMA 1 Ciamis

Kegiatan tersebut telah membuat tiga siswa terluka dan menjalani perawatan di rumah sakit.

"Yang disayangkan memang kejadian tindakan kekerasan ini berdampak, ada tiga orang yang masuk rumah sakit. Yang dua orang sudah keluar rumah sakit dan siap sekolah lagi, sedangkan yang satu belum," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jabar Dedi Supandi seperti dikutip dari Antara, Kamis (13/1/2022).

Tradisi lingkaran setan itu adalah kegiatan Pramuka berbalut perpeloncoan atau disertai tindakan kekerasan fisik.

Orangtua murid melaporkan kegiatan tersebut ke Polres Ciamis usai anaknya mengalami luka lebam setelah mengikuti kegiatan tersebut.

Menurut Dedi, dugaan penganiyaan dalam kegiatan ekstrakurikuler tersebut terjadi saat korban mengikuti kegiatan paskat atau pasukan tongkat yang sedang melatih kemampuan baris-berbaris menggunakan tongkat.

"Jadi terkait kejadian Pramuka di SMKN 1 Ciamis, kejadian itu berawal dari hari Sabtu di luar sekolah. Jadi, sebetulnya itu kegiatan di luar instansi pendidikan dan tidak ada izin dari sekolah," kata dia.

Dedi mengatakan, Disdik Jabar sudah melakukan moratorium untuk kegiatan Pramuka di gugus depan SMAN 1 Ciamis.

"Kemudian kami juga sudah melaporkan ke Kwarda Jawa Barat. Nanti selama moratorium akan melakukan pembenahan untuk memperbarui struktural dalam rangka memutus mata rantai," kata dia.


Hal tersebut dilakukan karena kegiatan paskat atau pasukan tongkat tersebut merupakan kegiatan yang biasa melibatkan alumni.

Maka, pihak Disdik akan melarang keterlibatan alumni.

"Karena sudah ada kebiasaan lama seperti itu yang dilakukan secara turun-temurun, seperti pola pembaiatan untuk menjadi anggota unit tongkat," kata dia.

Pihaknya juga meminta pengurus sekolah untuk benar-benar menjadikan lingkungan sekolah ramah anak, termasuk dalam kegiatan ekstrakurikuler.

Disdik Jabar mengapresiasi sikap orangtua siswa yang melaporkan dugaan penganiayaan tersebut ke polisi.

https://bandung.kompas.com/read/2022/01/14/084315778/tanggapan-disdik-jabar-soal-tradisi-lingkaran-setan-pramuka-di-sma-1-ciamis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke