Salin Artikel

Kakek Berusia 104 Tahun Jadi Penerima Vaksin Covid-19 Tertua di Indonesia, Namanya Tercatat di Rekor MURI

KOMPAS.com - Sejak awal pandemi, pemerintah gencar mengkampanyekan vaksin Covid-19 sebagai salah satu cara menghadapi pandemi.

Tahun ini bahkan dimulai pemberian vaksinasi booster yang salah satunya menyasar kelompok Lanjut Usia (Lansia) sebagai prioritas.

Di balik itu, Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai lembaga pencatat rekor di Indonesia pernah mencatat rekor penerima vaksin Covid-19 tertua di Indonesia pada 28 Juli 2021.

Wirjawan Hardjamulia yang saat itu berusia 104 tahun menjadi penerima vaksin Covid-19 tertua di Indonesia.

Warga asal Sukasari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat ini menerima vaksin di RS Vania Bogor dekat tempatnya tinggal.

Vaksin pertama dilakukan pada 23 Maret 2021 pada usia 104 tahun 3 bulan 13 hari menyusul vaksin kedua pada 20 April 2021.

Uniknya pada pemberian vaksin kedua, ia disuntik oleh dokter Rollando Erric Manibuy yang kala itu berpakaian ala superhero.

Wirjawan Hardjamulia yang masih terlihat segar di usianya itu tidak datang sendirian.

Ia diantar oleh putri ketiganya, yakni Indriyati Pardewi yang melihat ayahnya tidak menunjukkan keluhan setelah mendapat vaksin dosis pertama.

Terlebih setiap akan melakukan vaksin, Wirjawan Hardjamulia juga telah dinyatakan lolos screening.

Sumber:
muri.org 
megapolitan.kompas.com 
kotabogor.go.id 

https://bandung.kompas.com/read/2022/01/19/184120078/kakek-berusia-104-tahun-jadi-penerima-vaksin-covid-19-tertua-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke