Salin Artikel

Film Berbahasa Sunda "Nana" Jadi Finalis Festival Film Berlin

Film yang diperankan oleh Happy Salma, Laura Basuki dan Ibnu Jamil, itu mengangkat kisah hidup Raden Nana Sunani yang diadaptasi dari penggalan novel "Jais Darga Namaku" karya Ahda Imran, yang berlatar tahun 1960.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut bangga dengan capaian itu.

Apalagi, Pemprov Jabar turut mendukung dalam produksi film tersebut.

"Ini ada peristiwa bersejarah. Ada film Indonesia finalis Festival Film Berlin dan pertama kali berbahasa daerah, yaitu berbahasa Sunda," kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu pada Jumat (21/1/2022).

Menurut Emil, pengakuan dunia terhadap karya anak bangsa patut diapresiasi, mengingat saat ini isu kebhinekaan sedang menjadi sorotan.

"Prestasi ini sangat membanggakan. Menunjukkan jangan malu berbahasa daerah, lestarikan bahasa daerah dengan cara baru melalui medium film, konten dan sebagainya," tutur Emil.

Sementara itu, Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar Benny Bachtiar menuturkan, tradisi budaya bisa mendunia apabila dikemas dengan konsep yang baik.

"Kita bisa membuktikan bahwa tradisi budaya itu bisa mendunia. Ini sejarah bagi masyarakat Sunda," ucap Benny.

Benny mengatakan, film Nana bisa menjadi momentum baik bagi pemerintah maupun sineas untuk lebih mengeksplorasi potensi sejarah lokal untuk diangkat menjadi sebuah karya.

Apalagi, menurut Benny, banyak cerita legenda yang bisa diangkat menjadi sebuah film.

"Contoh, apa menariknya Upin Ipin? Tapi dikemas sedemikian rupa dengan pendekatan adat, jadi lebih menarik. Kita kan ada legenda Lutung Kasarung, Nyi Roro Kidul. Itu kan ceritanya bisa diangkat dan bisa memperkaya nuansa budaya nasional," kata Benny.

https://bandung.kompas.com/read/2022/01/21/112904378/film-berbahasa-sunda-nana-jadi-finalis-festival-film-berlin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke