Salin Artikel

Dibangun Lewat Swadaya Masyarakat, Desa Wisata Sindangkasih Garut Mampu Hidupi Warga

GARUT, Kompas.com – Swadaya masyarakat dalam bentuk gotong royong mungkin telah menjadi barang mahal saar ini.

Namun tidak demikian dengan warga Kampung Sindangkasih, Desa Sukamaju, Kecamatan Cilawu. Sebab, mereka berhasil membangun desa wisata yang dinamai Sindangkasih dari hasil gotong royong.

Desa wisata Sindangkasih menawarkan berbagai paket wisata dari mulai river tubing di Sungai Ciwulan yang berhulu di Gunung Cikuray dan bermuara di Pantai Selatan Kabupaten Tasikmalaya, hingga wisata sejarah dengan mengunjungi bunker dan goa peninggalan masa penjajahan.

“Warga kampung ini memang sejak lama terkenal dengan gotong royongnya, mereka sampai punya koperasi dengan aset sampai Rp 300 juta,” jelas Asep Edwin, Kepala Desa Sukamaju Kecamatan Cilawu saat ditemui di Desa Wisata Sindangkasih, pekan lalu.

Edwin yang baru terpilih sebagai Kepala Desa Sukamaju pada 2021 mengaku, Desa Wisata Sindangkasih dibangun atas swadaya masyarakat tanpa campur tangan pemerintah dan pihak lain.

Bahkan, tanah yang digunakan jadi tempat wisata dengan luas kurang lebih 5 hektare adalah milik 15 warga.

“Pemerintah desa baru mulai bantu setelah berjalan dari dana desa,” jelas Edwin.

Asep Wawan, Wakil Ketua pengelola Desa Wisata Sindangkasih mengungkapkan, ide membangun desa wisata di kampungnya berawal dari niatan warga untuk mencari pendapatan selain bertani, yang selama ini menjadi mata pencaharian banyak warga.

“Idenya muncul sekitar tahun 2015, lalu buat homestay serta wisata sejarah bunker dan gua,” katanya.

Namun, usaha homestay ini kurang berkembang. Akhirnya pada 2019, saat ide desa wisata akan diresmikan, muncul ide mengembangkan wisata river tubbing di Sungai Ciwulan dari Wakil Bupati Garut yang saat itu berkunjung meninjau Desa Wisata Sindangkasih.

“Diresmikan Desember 2019, lalu (pandemi) Covid-19 dan sekarang baru mulai buka lagi. Satu bulan rata-rata pengunjung bisa sampai 2.000 orang, paling sedikit 1.000 orang,” jelas Wawan.

Wawan menuturkan, Desa Wisata Sindangkasih dibangun atas swadaya masyarakat, murni satu RT.

15 warga yang memberikan total 5 hektare tanahnya untuk pembangunan desa wisata juga menginvestasikan fasilitas pendukung lainnya.

Sementara, warga lainnya ikut membuka warung atau menjadi pengelola desa wisata.

“Warga satu RT ini ada 57 Kepala Keluarga (KK), pengurus desa wisata ada 52 orang, jadi semua terlibat di sini,” jelas Wawan.

Wawan menuturkan, salah satu kunci keberhasilan mendirikan desa wisata adalah budaya musyawarah yang masih dijaga masyarakat.

Semua hal terkait desa wisata, kata Wawan, selalu dimusyawarahkan dengan seluruh warga atas bimbingan tokoh-tokoh masyarakat setempat.

“Kuncinya musyawarah, semua kita musyawarahkan. Ada masalah kita langsung musyawarah, tidak ada keputusan yang dibuat tanpa musyawarah,” jelasnya.

Wawan mengungkapkan, karena dibangun atas swadaya masyarakat, upaya pengembangan pun dilakukan oleh masyarakat dan saat ini mulai mendapat bantuan dari pemerintah daerah.

Namun soal keterlibatan investor, Wawan menjelaskan bahwa warga menolak tawaran kerjasama tersebut.

“Pernah datang investor menawarkan kerjasama, tapi warga menolak, kalau bantuan dari pemerintah daerah, sekarang mulai ada, kemarin Pak Bupati ngasih bantuan untuk penataan lahan parkir,” katanya.

Selama ini, menurut Wawan, pola kerjasama pemilik tanah dengan pengelola menggunakan sistem bagi hasil yang dibagi setiap tiga bulan dengan porsi 40 persen untuk pemilik lahan, 60 persen untuk pengelola ditambah dana pengembangan.

Namun, pemilik lahan juga bisa ikut membuat usaha seperti berdagang dan sebagainya.

Wawan mengakui, sampai saat ini fasilitas yang ada di Desa Wisata Sindangkasih, memang masih sangat terbatas.

Namun menariknya, Desa Wisata Sindangkasih sering jadi tujuan tempat studi banding desa-desa wisata lain.

Menurut Wawan, desa-desa lain ingin belajar soal swadaya masyarakat yang menjadi landasan dari pembangunan Desa Wisata Sindangkasih.

“Ternyata mereka mau belajar soal swadaya masyarakatnya sampai bisa membangun desa wisata,” katanya.

Sunar (45), warga Kampung Sindangkasih Desa Sukamaju Kecamatan Cilawu yang menjadi pengurus Desa Wisata Sindangkasih mengungkapkan, dulu dirinya selain menjadi petani memiliki penghasilan dari mencari rongsokan dan barang bekas. Saat ini, setelah menjadi pengurus desa wisata, pekerjaan mencari rongsokan dan barang bekas ditinggalkannya.

“Alhamdulillah, sekarang kerja disini aja, tidak jauh dari rumah, rejeki Alhamdulillah ada selama ada pengunjung,” katanya.

Sunar mengaku, semua warga Kampung Sindangkasih, terlibat dalam pengelolaan desa wisata ini. Tiap warga, mendapat jatah jaga di tempat wisata ini, bahkan sampai anak-anak pun, ikut terlibat menjadi pemandu river tubing.

“Jadi penghasilan tambahan buat warga disini, jadi selain bertani, bisa usaha dari tempat wisata ini,” katanya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/01/21/165622178/dibangun-lewat-swadaya-masyarakat-desa-wisata-sindangkasih-garut-mampu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke