Salin Artikel

Mal di Tasikmalaya Stok Minyak Goreng Rp 14.000 Hampir 2.000 Liter Per Hari, Pembelian Dibatasi

Deretan minyak berbagai merek yang dipajang pun dijual rata dengan harga Rp 14.000 per liternya sesuai anjuran Kementerian Perdagangan RI.

Setiap pembeli dibatasi membeli satu kantong kemasan minyak goreng baik yang kemasan 1 liter, 2 liter dan 5 liter.

"Iya, betul kita mulai hari ini sudah memberlakukan anjuran subsidi pemerintah terhadap harga minyak goreng Rp 14.000 per liternya di Plaza Asia. Kita ini baru proses penggantian harga di pajangan, pembeli sudah ramai ke sini dan sudah mengetahuinya. Harga semua rata Rp 14.000 per liter untuk semua minyak goreng kemasan," jelas Manager Store Plaza Asia, Hindriana di tempat kerjanya, Sabtu (22/1/2022).

Hindriana menambahkan, pihaknya pun telah tersedia stok sampai 2.000 liter per harinya untuk harga subsidi dari berbagai jenis minyak goreng kemasan ternama.

Soalnya, seluruh minyak goreng kemasan berbagai merek harus dijual di pasar modern sesuai anjuran pemerintah rata Rp 14.000 per liternya.

Sehingga, bagi masyarakat yang membutuhkan harga minyak goreng murah alias subsidi dengan merek ternama bisa mendatangi pasar Plaza Asia di Lantai paling bawah.

"Kita sudah rapat kemarin, mulai hari ini dimulai penjualan semua merek minyak goreng kemasan terkenal harganya Rp 14.000 sesuai subsidi pemerintah pusat. Hal ini sesuai anjuran Kemendag RI bahwa kali pertama harga rata minyak goreng Rp 14.000 per liter di seluruh pasar modern dulu," katanya.

Pembelian dibatasi

Hindriana mengaku, untuk pembelian minyak goreng bersubsidi Rp 14.000 berbagai merek ini memang dibatasi sesuai anjuran pemerintah pusat.

Pihaknya pun akan menambah petugas sortir yang disiapkan di setiap kassa atau tempat pembayaran khusus bagi pembeli minyak goreng.


Setiap pembeli dibatasi membeli 1 kemasan minyak goreng Rp 14.000 per liter dengan rincian bisa 1 kemasan yang 1 liter, 2 liter dan 5 liter.

"Diawasinya di Kassa tempat pembayarannya pak. Setiap petugas pembayaran nanti akan memperbolehkan pengunjung membeli 1 kemasan saja. Bisa 1 kemasan yang 1 liter, 2 liter dan 5 liter. Dibatasinya hanya membeli 1 kemasan saja minyak goreng bermerek dengan 3 berat yang berbeda. Jadi silakan pilih saja belinya yang mana," kata dia.

Bahkan, sebelum tempatnya dibuka pun sudah banyak pengunjung yang antre hendak membeli minyak goreng kemasan subsidi Rp 14.000.

"Sebelum kita siap juga tadi, sudah banyak pembeli antre di sini. Yang penting jangan panic buying saja. Stok aman dan dibatasi," pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang pembeli Sasa (32), seorang ibu rumah tangga asal Tasikmalaya, mengaku bahagia pemerintah serentak menurunkan harga minyak goreng yang sebelumnya dirasakan mahal.

Apalagi sebentar lagi dirinya dan keluarga akan menghadapi hari besar keagamaan Imlek 2022.

"Saya senang sekali pak. Pas banget mau Imlek lagi. Kita sangat mendukung semua program pemerintah," katanya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/01/22/094852278/mal-di-tasikmalaya-stok-minyak-goreng-rp-14000-hampir-2000-liter-per-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke