Salin Artikel

Tiap Kecamatan di Kota Bandung Sediakan Tempat Isolasi, Ini Syarat bagi Pasien

"30 Kecamatan sudah siap. Tapi mudah-mudahan enggak dipakai," kata Yana di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Kamis (27/1/2022).

Yana mengatakan, warga Kota Bandung yang terpaksa harus masuk ruang isolasi mandiri di Kecamatan akan mendapatkan sejumlah fasilitas medis seperti pemeriksaan rutin.

"Obat pasti, kemungkinan juga kita berikan makanan," kata Yana.

Meski demikian, pasien yang akan menjalani isolasi di tiap fasilitas kecamatan harus mendapat asesmen terlebih dahulu.

Pasien Covid-19 yang akan menjalani karantina di fasilitas isolasi mandiri di kewilayahan, harus terlebih dahulu mendapatkan rekomendasi dari pihak Puskesmas setempat.

"Rekomendasi berdasarkan hasil pemeriksaan puskesmas. Kemudian nanti koordinasi dengan Satgas penanganan Covid-19 kecamatan. Mereka nanti menentukan isolasi di mana," ucap Yana.

Yana mengatakan, penyediaan ruang isolasi mandiri di kewilayahan bertujuan sebagai langkah antisipasi lonjakan pasien Covid-19, terutama akibat varian Omicron di rumah sakit.

"Harus diisolasi dan sebisa mungkin jangan (isolasi mandiri) di rumah," kata dia.

Menurut Yana, gejala ringan yang ditimbulkan oleh varian Omicron menjadi alasan lain, mengapa Pemkot menyediakan ruang isolasi mandiri di kewilayahan.

Dengan demikian, diharapkan ruang isolasi dapat memutus mata rantai penularan.

"Berdasarkan informasi dari pusat, Omicron ini bergejala ringan. Ini juga karena proses vaksin. Yang 6 orang warga Kota Bandung itu, ada yang sudah 2 kali vaksin, ada yang sudah 3 kali vaksin. Semua sudah 2 kali vaksin rata-rata, makanya gejalanya ringan. Isolasi mandiri di kewilayaan ini supaya enggak membebani rumah sakit," kata Yana.

https://bandung.kompas.com/read/2022/01/27/193600178/tiap-kecamatan-di-kota-bandung-sediakan-tempat-isolasi-ini-syarat-bagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke