Salin Artikel

Siswa Sakit Diizinkan Sekolah, 7 Murid SMA 5 Bandung Positif Covid-19

Hal tersebut dibenarkan oleh Wakil Kepala Bidang Humas SMA Negeri 5  Bandung Amat Misnadi.

"Sampai hari Minggu lalu, terdapat 7 orang yang positif," kata Amat di SMA Negeri 5 Bandung, Jalan Belitung, Kota Bandung, Kamis (3/2/2022).

Amat menceritakan, awalnya pada 27 Januari 2022 lalu, salah satu siswa masuk sekolah dalam keadaan sakit.

"Kita mendapati seorang anak datang ke sekolah dengan menggunakan jaket. Sesuai SOP,  sudah kita larang anak itu untuk tidak menggunakan jaket. Ketika dikonfirmasi, anak itu sedang sakit, kita dorong anak itu untuk pulang," ujar Amat.

Namun, pada akhirnya pihak sekolah membiarkan siswa yang sakit tersebut tetap ikut pelajaran di sekolah.

"Karena yang bersangkutan bersikukuh, ya, kita enggak bisa bagaimana-bagaimana. Namanya juga di sekolah. Apresiasi dari kita, anaknya bersungguh-sungguh ingin sekolah. Kita sudah negosiasi, tetap yang bersangkutan ingin sekolah," kata Amat.

Sepulang sekolah, siswa tersebut mendapat penanganan medis dan dinyatakan positif  Covid-19 dengan gejala.

"Sorenya, yang bersangkutan mendapat penanganan medis, ternyata dinyatakan positif Covid-19," kata Amat.


Amat mengatakan, 6 orang lainnya dinyatakan terpapar Covid-19 lantaran terindikasi kontak erat dengan siswa yang sakit pertama kali.

"Empat orang bergejala dan tiga lainya tidak ada gejala," kata dia.

Hingga hari ini, pihak SMA Negeri 5 Bandung terus melakukan swab test acak untuk mengidentifikasi siswa-siswa lainnya yang berpotensi terpapar Covid-19.

"Kami juga sudah kembangkan dari mulai tracing ke lingkaran yang lebih besar. Hari ini sedang dilaksanakan swab dan bagaimana langkah sekolah selanjutnya tentu sangat bergantung pada hasil swab pada hari ini," tutur Amat.

Apabila ditemukan lagi siswa yang terpapar Covid-19, SMA Negeri 5 Bandung akan kembali melaksanakan pendidikan jarak jauh (PJJ) dengan sistem daring.

Sementara itu, Pelaksana tugas Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengingatkan agar pihak sekolah SMA Negeri 5 Bandung tetap mengikuti SOP yang berlaku terkait pendidikan tatap muka, ketika ada siswa yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Sudah ada SOP-nya. Kalau di atas 5 persen, PJJ lagi dan sekolah ditutup selama 15 hari," kata Yana.

https://bandung.kompas.com/read/2022/02/03/155314278/siswa-sakit-diizinkan-sekolah-7-murid-sma-5-bandung-positif-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke