Salin Artikel

Setiap Akhir Pekan, 5 Pintu Masuk Tol ke Bandung Berlaku Ganjil Genap Selama PPKM Level 3

BANDUNG, KOMPAS.com - Lima gerbang tol (GT) yang merupakan akses masuk ke Kota Bandung, Jawa Barat diberlakukan sistem ganjil genap.

Hal itu dilakukan dalam menindaklanjuti kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di kawasan Bandung Raya.

Kepala Satlantas Polrestabes Bandung AKBP Ariek Indra Sentanu mengatakan, bahwa pemberlakuan ganjil genap di lima gerbang tol menuju Kota Bandung ini dilakukan hanya di akhir pekan, yaitu pada Jumat, Sabtu dan Minggu.

"Pemberlakuan ganjil-genap lokasinya yakni GT Pasteur, GT Pasirkoja, GT Kopo, GT Muhammad Toha, dan GT Buahbatu," kata Ariek di Mapolrestabes Bandung, Jumat (11/2/2022).

Untuk hari Jumat, ganjil genap diberlakukan pada pukul 14.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

Sedangkan pada Sabtu dan Minggu, ganjil genap diberlakukan pada pukul 07.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Nantinya petugas yang terlibat dalam ganjil genap ini terdiri dari Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), TNI dan Polri.

Petugas gabungan ini akan dibagi dua shif, sif pertama dimulai dari pukul 07.00 WIB dan shif kedua dimulai pada pukul 14.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB.

Polisi juga telah menyiapkan sejumlah perlengkapan berupa traffic cone, water barrier, hingga tenda pos penjagaan.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 11 kota Kabupaten di Jawa Barat kembali menerapkan PPKM level 3.

Hal tersebut sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmedagri) Nomor 9 tahun 2022 yang mulai diberlakukan pada 8 Februari 2022.

Dengan adanya Inmendagri itu, maka akan ada pembatasan-pembatasan sejumlah kegiatan masyarakat sesuai dengan intruksi tersebut.

Petugas akan melakukan pengawasan-pengawasan lokasi seperti area publik dan lokasi lainnya.

Nantinya tindakan kegiatan masyarakat ini dilakukan secara persuasif dan edukatif.

Namun apabila ada hal-hal yang cukup mendesak dan perlu diambil tindakan, akan dilakukan langkah tegas, otomatis dengan melalui proses hukum.

Pihak kepolisian berharap adanya kerja sama masyarakat dalam mendukung PPKM level 3 di beberapa kota dan kabupaten di Jawa Barat.

"Untuk operasional lapangannya akan ada beberapa langkah-langkah operasional lalu lintas, seperti pembatasan ganjil genap, kemudian ada rangkaian buka tutup jalan di beberapa penggal jalan," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar, Komisaris Besar Polisi Ibrahim Tompo.

https://bandung.kompas.com/read/2022/02/11/173045378/setiap-akhir-pekan-5-pintu-masuk-tol-ke-bandung-berlaku-ganjil-genap-selama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke