Salin Artikel

[POPULER BANDUNG] 6.803 Orang Terpapar Covid-19 | Ruang Isolasi Berbayar

Berikut ini sejumlah berita terpopuler regional Bandung yang terjadi pada Kamis, 17 Februari 2022, yang dirangkum Kompas.com:

Ketua Harian Satuan Tugas Covid-19 Kota Bandung, Asep Gufron mengatakan, berdasarkan data yang didapatkannya, ada penambahan baru sekitar 1.141 orang yang terpapar virus Corona pada hari Kamis.

Untuk menekan penyebaran virus, Pemerintah Kota Bandung dengan instansi terkait pun melakukan upaya antisipasi.

Di antaranya memberlakukan ganjil genap di lima tol, menutup tiga ruas jalan di Kota Bandung, hingga meniadakan sementara pasar tumpah di beberapa wilayah di Kota Bandung.

Untuk diketahui, groundbreaking pembangunan jalan penghubung Km 149 Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) atau exit Tol Gedebage 149 dilakukan pada April 2018 oleh Gubernur Jawa Barat saat itu Ahmad Heryawan.

Pembangunan jalan penghubung sepanjang 2,5 kilometer tersebut dilakukan di atas lahan yang sudah dibebaskan oleh Pemprov Jabar dan melintasi lahan Summarecon Bandung.

Pembangunan dilakukan oleh PT Mahkota Permata Perdana selaku unit usaha Summarecon dan Kementerian PUPR dengan anggaran Rp 100 miliar pada saat itu.

Pada Kamis (17/2/2022), Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna melakukan inspeksi ke proyek GT Km 149.

Menurut Ema, setelah terbengkalai cukup lama, pembangunan akses GT Km 149 harus segera diselesaikan.

Kapolda Jawa Barat Inspektorat Jendral Polisi Suntana mengatakan, dalam dua hingga tiga hari ini, tingkat penyebaran Covid-19 di Jabar mencapai angka 15.000.

Kendati demikian, kata Suntana, tingkat vaksinasi di wilayah Jawa Barat pun dinilainya cukup tinggi.

Meski tingkat vaksinasi di Jabar tinggi, tetapi jika masyarakat tidak menerapkan disiplin protokol kesehatan, akan mudah menjadi sasaran penyebaran Covid-19.

Karenanya, masyarakat diimbau untuk menghindari dan tidak mendatangi kerumunan.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, banyak warga mampu ternyata lebih memilih isolasi di rumah sakit ketika terjangkit Covid-19.

"Kita siapkan itu juga isolasi terpadu untuk warga yang siap bayar. Karena ternyata di rumah sakit-rumah sakit ini ada cukup orang-orang yang gejalanya sebenarnya ringan, tapi dia enggak mau keluar dari rumah sakit. Biarin saja bayar katanya," ungkapnya.

Untuk itu, Pemerintah Kota Bandung menyiasati agar orang yang melakukan isolasi mandiri berbayar tidak meningkatkan angka BOR yang bisa berimbas pada pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Siasat yang dilakukan Pemkot Bandung adalah menaikan jumlah ketersediaan tempat tidur di beberapa rumah sakit atau tempat isolasi rujukan Covid-19 dari 800 menjadi 2.000 tempat tidur. (Penulis : Kontributor Bandung, Agie Permadi, Putra Prima Perdana|Editor : I Kadek Wira Aditya, Gloria Setyvani Putri, Khairina)

https://bandung.kompas.com/read/2022/02/18/053000178/-populer-bandung-6.803-orang-terpapar-covid-19-ruang-isolasi-berbayar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke