Salin Artikel

Demo Aturan ODOL, Sopir Angkutan Barang 2 Kali Tutup Lajur Tol Padaleunyi

BANDUNG, KOMPAS.com - Sekelompok pengemudi angkutan barang melakukan aksi unjuk rasa dengan menutup sebagian ruas lajur tol di KM 120 dan KM 126 Ruas Tol Padaleunyi sehingga menyebabkan kemacetan.

Video aksi para sopir truk angkutan ini tersebar di media sosial dan sempat viral.

Berdasarkan rekaman tersebut terlihat sejumlah kendaraan terhenti di tengah jalan menutup lajur ruas tol Padaleunyi, aksi tersebut mendapatkan berbagai macam respon dari para netizen.

Kepala Unit Jawa Barat 2 AKP Darno mengatakan, aksi demo yang dilakukan pengemudi angkutan barang ini terjadi pada Selasa, 22 Februari 2022 pukul 16.45 WIB.

Aksi tersebut berdampak pada penutupan sebagian lajur tol tepatnya di KM 120 dan KM 126 Ruas Tol Padaleunyi.

Dijelaskan, berdasarkan penelusuran yang dilakukannya, sebelum aksi yang menutup lajur jalan tol tersebut, para pengemudi angkutan barang ini sebelumnya berdemonstrasi di Kantor Dinas Perhubungan Jawa Barat, kemudian para pengemudi bergerak masuk Jalan Tol Padaleunyi melalui Gerbang Tol (GT) Pasteur 1.

"Pada pukul 16.45 WIB para pengemudi tersebut melakukan penutupan bahu jalan dan lajur 1 di kedua arah pada KM 126 Padaleunyi yang mengakibatkan hanya satu lajur yang dapat dilalui kendaraan," ucap Darno dalam keterangannya, Rabu (23/2/2022).

Petugas Mobile Customer Services Jasa Marga, Patroli Jalan Raya (PJR) dan petugas Kamtib segera melakukan komunikasi secara persuasif dengan para pengemudi tersebut, sehigga rombongan dapat dibubarkan dan jalur kembali dibuka pukul 17.10 WIB.

"Pukul 17.35 WIB rombongan pengemudi bergeser dan kembali melakukan penutupan bahu jalan dan lajur 1 di KM 120 Ruas Tol Padaleunyi," ucapnya.

Setelah dilakukan komunikasi secara persuasif kembali oleh kepolisian dan Dinas Perhubungan,  pukul 17.53 WIB jalur arah Cileunyi sudah bisa dilalui 2 lajur.

Untuk jalur arah Jakarta masih 1 lajur yang dapat dilalui, dan pukul 18.10 WIB semua lajur sudah berfungsi normal di kedua arah.

"Para pengemudi yang melakukan aksi penyampaian pendapat tersebut adalah sebagian kendaraan yang terjaring operasi Over Dimension Over Loading (ODOL) yang dilakukan secara serentak oleh Dinas Perhubungan, BPTD, dan kepolisian, dan merasa keberatan atas penindakan yang dilakukan," ujar Darno.

https://bandung.kompas.com/read/2022/02/23/093336278/demo-aturan-odol-sopir-angkutan-barang-2-kali-tutup-lajur-tol-padaleunyi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke