Salin Artikel

Tak Pernah Tes PCR, Warga Bandung Dinyatakan Positif Covid-19 oleh RS, Ini Penjelasan Satgas

BANDUNG, KOMPAS.com- Salah satu warga Kota Bandung dinyatakan positif Covid-19 lewat tes PCR di salah satu rumah sakit swasta di Kota Bandung. Padahal, orang tersebut tidak pernah melakukan PCR. 

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bandung Asep Gufron membenarkan pihaknya menerima laporan itu.

"Ini baru pertama kali terjadi di Kota Bandung. Tapi PCR itu kan pakai NIK, bisa saja salah input. Salah input satu nomor saja kan pasti beda," kata Asep saat dihubungi, Rabu (2/3/2022).

Lebih lanjut Asep menambahkan, Dinas Kesehatan Kota Bandung tengah menelusuri warga Kota Bandung yang menjadi korban salah input tersebut.

Sebab, laporan salah input tersebut beredar lewat media sosial, sebelumnya beredar di Twitter. Sehingga, NIK orang tersebut tidak bisa dilacak.

"Kita minta bantu cari identitas orang yang merasa tidak di-PCR tapi ada hasilnya positif. Kalau tidak kita imbau orang yang bersangkutan lapor ke kami dan kami siap fasilitasi," akunya.

Asep pun memerintahkan Dinas Kesehatan Kota Bandung untuk membuat surat peringatan kepada seluruh fasilitas kesehatan di Kota Bandung yang membuka layanan tes PCR untuk lebih berhati-hati menginput data saat melaksanakan PCR.

"Kita sudah buat surat, tolong semua rumah sakit mencermati dan hati-hati menginput data," tegasnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Ahyani Raksanegara memastikan telah menemui orang yang mengaku tidak melakukan PCR tapi dinyatakan positif Covid-19.

"Jadi bukan salah vonis. Kita sudah pastikan itu kesalahan input NIK. Sudah diluruskan secara administrasi dan juga dengan pihak keluarga," tandasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/03/02/193922178/tak-pernah-tes-pcr-warga-bandung-dinyatakan-positif-covid-19-oleh-rs-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke