Salin Artikel

Produksi Kentang Kabupaten Bandung Diklaim Bisa Tutupi Kebutuhan Nasional

Hal ini, kata Tisna, bisa memenuhi 24 sampai 26 persen kebutuhan kentang di Jawa Barat.

"Luasannya 200 sampai 250 hektar lahan pertanian kentang di Kabupaten Bandung. Saya rasa ini bisa memenuhi kebutuhan Jawa Barat, meskipun ada pergiliran tanaman, di antaranya ditanami jagung manis kemudian tanam kentang lagi," kata Tisna ditemui di lokasi panen raya di Desa Cihawuk, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Sabtu (12/3/2022).

Menurutnya, Kabupaten Bandung memiliki keunggulan dalam proses pembibitan kentang. Pembibitan di Kertasari, kata Tisna, dikerjasamakan dengan pihak lain.

"Jadi relatif sumber daya manusianya paling paham dalam pelaksanaan pertanian kentang. Di antaranya, ada petani asal Kabupaten Bandung yang ditarik ke Sulawesi Selatan. Itu orang Pangalengan juga ada yang ditarik ke sana untuk tanam kentang," katanya.

Saat ini yang menjadi tantangan, kata Tisna, yakni petani kentang di Kertasari maupun di Pangalengan mengaku kekurangan lahan.

Pertani di wilayah tersebut, lanjutnya, lebih banyak menanam di kawasan kehutanan atau perkebunan.

"Nah di Perkebunan ada slot. Slot tersebut namanya pemberdayaan masyarakat desa kebun. Memang sekarang ini, secara eksisting lahannya itu digarap oleh para petani untuk menanam sayuran," katanya.

Sejauh ini, katanya, pihak Perkebunan kerap menjalin komunikasi sehingga para petani diperbolehkan menanam kentang dengan sistem tumpang sari.

"Diperbolehkan menanam sayuran di antara sela-sela tanaman keras atau dengan sistem tumpang sari. Misalnya, tanaman kopi dan alpukat. Diharapkan tanam kentang terus berjalan, tetapi terkait konservasinya bisa dikendalikan," ujarnya.

Ia mengungkapkan produksi kentang asal Kabupaten Bandung itu bisa memenuhi kebutuhan kentang secara nasional.

Saat ini produksi kentang di dominasi oleh Garut, Majalengka, Dieng dan daerah lainnya.

"Setahun itu produksi kentang di Kabupaten Bandung bisa mencapai 40.000 ton sampai 50.000 ton," jelasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/03/12/155240578/produksi-kentang-kabupaten-bandung-diklaim-bisa-tutupi-kebutuhan-nasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke