Salin Artikel

Sungai Citarum Meluap, 2.000 KK Terdampak Banjir di Baleendah Bandung

BANDUNG, KOMPAS.com - Camat Baleendah, Eef Syarif Hidayatulloh mengatakan, sebanyak 10 Rukun Warga (RW) terendam banjir akibat luapan Sungai Citarum.

Namun hingga kini, warga yang terdampak masih belum mau diungsikan.

"Berdasarkan data yang terhimpun, kurang lebih sekitar 2.000 KK (kepala keluarga) dengan jumlah jiwa diestimasi sekitar 8.000-an, tapi sejauh ini belum ada yang mengungsi. Dari beberapa lokasi pengungsian yang sudah ada itu masih belum di isi," katanya Eef saat ditemui, Selasa (15/3/2022).

Selain karena intensitas hujan yang tinggi beberapa hari terakhir, luapan Sungai Citarum ini disebabkan pelbagai pertemuan berbagai aliran anak Sungai Citarum yang tersebar di beberapa wilayah di Bandung Raya.

"Ya kalau kita lihat beberapa hari kebelakang, hujan intensitasnya cukup tinggi khususnya di dataran yang lebih tinggi di Kecamatan Baleendah, itu dari wilayah Timur yang melalui Citarum dan di daerah Selatan yang melalui Cisangkuy serta mungkin Kota Bandung yang melalui saluran yang ada di Citereup. Sehingga bertemu di sini, jadi menyebabkan banjir," ujarnya.

Ia menyebutkan, tidak semua titik banjir memiliki ketinggian 60 sentimeter.

"Ya kalau dibilang rata-rata segitu, 60 sentimeter tapi di beberapa titik juga ada yang 20 sentimeter," jelasnya.

Kendati demikian, kehadiran kolam retensi di wilayahnya, kata Eef, cukup membantu.

"Sangat berpengaruh, tapi kalau intensitas hujan tinggi, ya pasti kolam retensi pun tidak bisa menahan atau menampung," tuturnya.

Menurutnya, banjir yang kerap datang saat musim hujan cendrung cepat surut.

"Namun dilihat dari kejadian yang lalu bahwa di sini memang lebih cepat turun, meskipun masih tetap banjir, kalau dulu kan sampai beberapa hari, tapi sekarang relatif lebih cepat dan itu pun tergantung dari intensitas hujan yang cukup tinggi," sambungnya.

Pihaknya mengeklaim banjir yang saat ini merendam Kecamatan Baleendah lebih baik dibanding kondisi sebelumnya.

Hadirnya kolam retensi, kata Eef berjalan sangat baik.

"Kalau dilihat dari perjalanan sekarang bisa dilihat relatif lebih sedikit, kalau dulu dengan kondisi begini masih merata, jadi pada saat ini air sudah surut tapi belum signifikan turunnya," ujarnya.


Banyak rumah ditinggalkan

Pantauan Kompas.com sepanjang jalan Andir-Baleendah yang terdampak banjir, banyak rumah kosong tidak berpenghuni.

Eef membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, banyak rumah yang sengaja ditinggalkan pemiliknya lantaran merasa kurang nyaman kerap dilanda banjir ketika musim penghujan datang.

"Ya betul sebagian sudah ada yang meninggalkan, itu dikembalikan pada pemiliknya, tentu itu masyarakat akan lebih nyaman dari pada ketika musim hujan harus banjir, sejauh ini cukup banyak yang meninggalkan rumahnya," kata Eef.

Namun Eef tidak bisa memastikan secara detail berapa jumlah rumah yang sudah ditinggalkan penghuninya.

"Kalau pastinya saya tidak pasti juga, tidak tahu juga apalagi dalam kondisi saya yang masih baru, tapi sebagaimana yang kita lihat saya terus dengan Muspica selalu standby dan siaga dan meminta masyarakat untuk tetap waspada apabila datang banjir akibat curah hujan yang lebih tinggi," imbuhnya.

Pihaknya menghimbau agar warga Kecamatan Baleendah tetap waspada, mengingat musim penghujan masih belum selesai.

"Kalau dari kita otomatis sudah siaga dalam kondisi bencana apapun, pasti yang diutamakan adalah keselamatan Jiwa, jadi kita menghimbau apabila memang sudah cenderung lebih parah untuk segera mengungsi, kita terus himbau, namun kembali lagi ke masyarakat, tapi kita tetap secara SOP sudah kita persiapkan juga. Jangan sampai nanti air datang tiba-tiba minta pengungsian dengan jumlah yang begitu banyak sementara kita tidak siap, ini akan jadi sebuah persoalan," pungkasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/03/15/151737978/sungai-citarum-meluap-2000-kk-terdampak-banjir-di-baleendah-bandung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke