Salin Artikel

BPBD Siagakan Petugas untuk Antisipasi Banjir Susulan di Bandung Selatan

BANDUNG, KOMPAS.com - Luapan sungai Citarum yang sempat melanda kawasan Bandung Selatan, kini berangsur surut.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Suska Puji Utama mengatakan, tiga wilayah terpantau sudah aman dari genangan banjir.

"Untuk banjir yg ada di kabupaten bandung khususnya daerah Baleendah, Dayeuhkolot, dan juga Bojongsoang. Alhamdulillah tadi pagi saya pantau dan berdasarkan laporan dari para camat situasinya sudah surut sekarang," katanya dikonfirmasi, Rabu (16/3/2022).

Suska menyebut telah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk segera melakukan pembersihan di kawasan yang terdampak banjir.

"Kalau pembersihan kemarin juga sudah dimulai oleh Damkar Kabupaten Bandung, termasuk melibatkan semua komunitas penggiat lingkungan. Termasuk juga dari karang taruna, dari pihak desa. Kemarin sudah dilakukan pembersihan dan hari ini juga berjalan," ujarnya.

Ia menyampaikan tak menutup kemungkinan akan banjir di tiga kawasan tersebut bisa terulang.

Pasalnya, laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hujan dengan intensitas tinggi masih akan terjadi selama beberapa waktu ke depan.

"Kalau untuk cuaca, prakiraan dari BMKG masih kemungkinan ada turun hujan ini beberapa minggu ke depan," ungkap Suska.

Untuk mengantisipasi cuaca ekstrem tersebut, pihaknya telah menginstruksikan petugas untuk memantau situasi dan berjaga di lokasi yang mengalami banjir.

"Kalau untuk petugas hari ini juga tetap berjaga. Dari pihak BPBD juga sekarang masih bertugas di beberapa kecamatan, memantau situasi-situasi khususnya yang kemarin mengalami bencana," kata Suska.

Ia mengimbau seluruh warga di Kabupaten Bandung agar terus waspada akan potensi bencana alam.

"Mudah-mudahan hari ini tidak ada lagi turun hujan, tentu kami juga mengimbau kepada semua warga Kabupaten Bandung untuk tetap meningkatkan kewaspadaan. Dalam rangka menghadapi bencana hidrometeorologi ini," pungkasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/03/16/185843078/bpbd-siagakan-petugas-untuk-antisipasi-banjir-susulan-di-bandung-selatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke