Salin Artikel

Di Bandung, Harga 4 Komoditas Ini Akan Terus Naik Mulai Ramadhan hingga Lebaran

BANDUNG, KOMPAS.com- Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bandung memprediksi ada empat komoditas yang harganya akan terus merangkak naik menjelang  ramadhan hingga menjelang lebaran 2022 mendatang.

"Ada daging sapi, daging ayam, telur, sama sayurnya cabai. Kenaikan harga telur lebih ke industri kue karena di Bandung terkenal dengan industri kue kering dan basah," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Elly Wasliah, dalam  kegiatan Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana Kota Bandung, Rabu (30/3/2022).

Untuk dua komoditas daging, sapi dan ayam, Elly mengatakan kenaikan sudah terjadi secara merata di Kota Bandung.

"Daging sapi meningkat jadi Rp 140.000 dan ada daging ayam dari Rp 36.000 sampai Rp. 38.000.

Komoditas lain relatif stabil dan kondisi stoknya aman tersedia," jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung Gingin Ginanjar menambahkan, meski harga daging ayam dan sapi bakal mengalami peningkatan hingga menjelang Idul Fitri, stok kedua bahan pangan tersebut relatif aman.

"Ketersediaannya relatif  aman untuk 3 bulan ke depan. Yang diantisipasi itu memang harga secara periodik menghadapi puasa lebaran harga cenderung naik," jelasnya.

Lebih lanjut, Gingin menjelaskan, empat bahan pokok yang diprediksi bakal meroket harganya secara periodik merupakan fenomena tahunan.

"Kita prediksi kenaikan 10 persen. Masih di bawah toleransi, daging naik bukan saat ini saja, beberapa bulan lalu sudah naik dan terus memuncak sampai Rp.140.000,  awalnya Rp.110.000 sampai Rp.120.000," tambahnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/03/30/200531378/di-bandung-harga-4-komoditas-ini-akan-terus-naik-mulai-ramadhan-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke