Salin Artikel

[POPULER JAWA BARAT] Haji Endang Beli Mobil dengan Ribuan Koin Rp 500 | Peredaran 25 Kg Sabu di Sukabumi Digagalkan

1. Haji Endang beli mobil dengan koin Rp 500

Pengusaha jembatan penyeberangan perahu ponton di Karawang, Muhammad Endang Junaedi, membeli mobil Mitsubishi Pajero dengan uang koin Rp 500.

Ia mendatangi showroom mobil dengan mengendarai motor pada Kamis (7/4/2022). Saat datang, Haji Endang mengenakan celana pendek, sandal jepit dan kaos serta uang receh Rp 200.000.

"Yang saya bawa Rp 200 ribu. Sisanya pakai mobil bak dibungkus kardus," kata Endang.

Endang memperkirakan, total uang receh yang ia bawa sekitar delapan kuintal senilai Rp 133 juta.

Sebelumnya dia pernah membuat helikopter dan pesawat jenis mini trike atau gantole.

Dia mulai membuat aneka jenis pesawat itu pada 2018. Uang yang dikeluarkan untuk memenuhi hasratnya membuat pesawat pun tak sedikit, mencapai ratusan juta rupiah.

Ketika mulai pertama kali membuat helikopter, pria lulusan SD ini mengaku banyak orang mencibir dan menganggapnya kurang kerjaan.

“Buat apa, katanya. Pokoknya banyak yang sinis dan nyinyirlah. Itu sewaktu pembuatan heli yang pertama itu,” kata Elan, Rabu (6/4/2022).

Namun, Elan bergeming. Dia tetap fokus untuk menyelesaikan proyek pertamanya meski sempat terhenti di tengah jalan karena masalah dana.

Diduga kebakaran terjadi akibat mesin yang berada di belakang pabrik. Api membakar hebat gudang majun dan mes karyawan yang terbuat dari kayu.

Tak hanya itu, si jago merah juga menghanguskan bagian atap ruang penyimpanan kimia.

Di dalam gudang majun terdapat tumpukan kain yamng menyebabkan api sulit di padamkan. Personil akhirnya menurunkan 12 unit pemadam guna segera mempercepat proses pemadaman.

Kerugian akibat kebakaran tersebut diperkirakan mencapai Rp 500 juta.

Sabu senilai Rp 29 miliar tersebut diamankan dari wilayah Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Rabu (30/3/2022).

Polisi menangkap dua anggota jaringan pengedar sabu, yakni YS (34) dan YH (32). Polisi masih memburu pelaku lain sebagai pengendali dan sudah masuk daftar pencarian orang (DPO).

Kepala Polres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah mengungkapkan,selama ini peredaran narkotika jenis sabu modus tempel baik di wilayah Kabupaten maupun Kota Sukabumi berasal dari jaringan kedua tersangka.

"Kalau ada pesanan langsung calling, ketemu di jalan langsung ngasih langsung menghilang," ujar dia.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Farida Farhan, Firman Taufiqurrahman, M. Elgana Mubarokah, Budiyanto | Editor : Reni Susanti, Gloria Setyvani Putri, Khairina)

https://bandung.kompas.com/read/2022/04/08/055500878/-populer-jawa-barat-haji-endang-beli-mobil-dengan-ribuan-koin-rp-500

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke