Salin Artikel

[POPULER JAWA BARAT] Kosmetik hingga Obat Ilegal Ditemukan di Bandung | Warga Saring Air Selokan Tercemar Limbah

1. Temuan kosmetik hingga obat ilegal

Balai Besar Pengawas obat dan Makanan (BPOM) Bandung menggerebek sebuah rumah di Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung, Rabu (6/4/2022).

Di dalam rumah tersebut ditemukan aneka kosmetik, obat tradisional, hingga obat-obatan yang diduga ilegal. Barang-barang tersebut pun diamankan.

"Didasarkan pada laporan masyarakat ke BPOM Bandung, kita temukan beberapa produk obat tradisional, kosmetik tidak memiliki izin edar," ucap Koordinator Kelompok Subtansi Penindakan Alex Sander saat dihubungi Jumat (8/5/2022).

Pihaknya saat ini juga masih melakukan pemeriksaan terhadap pemilik rumah dan akan diproses sesuai UU yang berlaku.

Humas Bandung Zoo atau Kebun Binatang Bandung Sulhan Syafii mengatakan, buka puasa ini bakal dilakukan di sebuah cafe terbuka yang di kelilingi satwa koleksi Bandung Zoo, seperti empat ekor singa, tiga ekor binturong, dan beberapa burung.

"Pengunjung bisa menikmati paket ini cukup dengan membayar Rp 85.000/orang. Pengunjung sudah dapat menikmati takjil dalam sajian buffet dan memilih tiga menu untuk makanan utama," ucap Sulhan dalam keterangannya, Jumat (8/5/2022).

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa berfoto dengan binturong dan burung-burung secara gratis.

Menurut Sulhan, acara buka bersama ini dilakukan untuk memberikan pengalaman berbeda bagi pengunjung Bandung Zoo yang hadir untuk berbuka bersama di cafe Simba di dalam Bandung Zoo.

Peluncuran program dilaksanakan dalam peresmian Pasar Juara Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat, Jumat (8/4/2022).

Pria yang akrab disapa Emil itu menjelaskan, hadirnya program ini merupakan inisiatif Pemprov Jabar dalam merespons keresahan masyarakat akibat kelangkaan minyak goreng belakangan ini.

“Di masa krisis seperti ini kami tugaskan BUMD Agro Jabar untuk mencari sumber minyak goreng lalu dibagikan ke rumah tangga dengan cara senyaman-nyamannya. Karena ini sudah zaman digital maka kita pakai aplikasi,” kata Emil dalam konferensi pers virtual.

Pada tahap awal, program ini akan diprioritaskan untuk wilayah Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek).

"Krisis air bersih di sini udah berlangsung kurang lebih 10 tahun," ujar istri ketua RW setempat, Rini Marliani (52) saat ditemui Jumat (8/4/2022).

Rini menyebut, masyarakat di wilayahnya yang terdampak langsung yaitu warga yang tinggal di kontrakan, tepatnya RT 02 RW 10.

"Memang yang gak punya air bersih itu yang tinggal di kontrakan, jadi mereka itu pake air sungai," beber Rini.

Pantauan Kompas.com, air Sungai Ciwalengke di belokan melalui bangunan pabrik tekstil dan pemukiman warga, kemudian dialirkan melalui pipa paralon menuju bak penampungan sementara.

Selanjutnya, dari bak penampungan dilarikan menuju sumur yang ada di MCK. Air sumur tersebut terlihat keruh dan sedikit berbau.

"Jadi yang di kontrakan itu sehari-harinya menggunakan air selokan, yang disaring dulu lewat beberapa jalur kemudian masuk ke sumur. Dari sumur ditimba. Dari situ dipake nyuci, dipake mandi," tambah dia.

Salah satu masalah yang cukup krusial dan menjadi perhatian Komunitas Pemerhati Pendidikan Kota Bandung adalah terkatung-katungnya nasib 130 calon Kepala SD Negeri dan 42 calon kepala SMP Negeri yang tidak bisa dilantik sebagai kepala sekolah oleh Plt Wali Kota Bandung.

"Terkait persoalan tertundanya pelantikan Kepsek, kami menuntut Kemendagri untuk segera mendefinitifkan Wali Kota Bandung, sehingga bisa segera melantik para kepala sekolah di Kota Bandung," ungkap Noery Ispandji Firman, Ketua Angkatan Muda Siliwang (AMS) di sekretariat AMS, Jalan Braga, Kota Bandung, Jumat (8/4/2022).

Di tempat yang sama, Cucu Saputra, Ketua PGRI Kota Bandung mengatakan, pihaknya sangat berharap segera mendapatkan solusi agar para kepala sekolah yang nasibnya terkatung-katung bisa segera dilantik agar tidak mengganggu proses belajar mengajar.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Agie Permadi, Agie Permadi, Dendi Ramdhani, M. Elgana Mubarokah, Putra Prima Perdana | Editor : Gloria Setyvani Putri, Reni Susanti, Khairina)

https://bandung.kompas.com/read/2022/04/09/062000978/-populer-jawa-barat-kosmetik-hingga-obat-ilegal-ditemukan-di-bandung-warga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke