Salin Artikel

Operasikan Semua Gardu, Tol Cileunyi Siapkan 2 Alternatif Antisipasi Mudik Lebaran

Supervisior Gate Tol Cileunyi, Elih Sukawati mengatakan, gardu operasi sudah sejak awal disiapkan untuk menghadapi lonjakan mudik Lebaran.

"Memang kita belum mengadakan rapat resmi, karena baru minggu pertama dan hari keenam (Ramadhan). Tapi jauh hari kami sudah dipersiapkan untuk antisipasi lonjakan kendaraan dan dengan selalu mengoptimalkan gardu operasi," kata Elih saat dikonfirmasi, Sabtu ( 9/4/2022).

Elih menyebut, semua gardu operasi akan dibuka untuk mengantisipasi antrean kendaraan saat mudik.

Ia menyebut, antrean kendaraan biasanya terjadi akibat proses penarikan tarif yang memakan waktu cukup lama.

"Mudik itu semua dibuka, tidak menunggu antrian, biasanya yang membuat ngantre itu ada jeda di dalam penarikan, jadi kita buka semua sebagai bentuk antisipasi," ujarnya.

Kendati demikian, saat masa percobaan, sempat terjadi kendala di gardu operasi 12.

"memang waktu kemarin awal-awal ada hambatan di gardu 12, Alhamdulillah hari ini sudah bisa dilewati. Karena memang kita targetnya di minggu kesatu Ramadhan ini gardu 12 sudah bisa di pakai," tambahnya

Menyiapkan Mobile Reader dan Gardu OAB

Selain itu, pihaknya juga sudah menyiapkan mobile reader dan gardu Oblique Aproach Booth (OAB) atau gardu miring.

Keduanya difungsikan untuk menjaga agar tak ada hambatan di semua ruas tol.

"mengatasi kemacetan itu kami menggunakan juga alat bantu lain dari transaksi, yaitu mobile reader. Jadi transaksi itu kita jemput bola ke sana oleh petugas," ujarnya.

"Kemudian ada juga OAB khusus golongan satu, yaitu dengan saldo yang cukup, untuk menjaga supaya tidak terjadi hambatan dari awal kita sudah menyaring kendaraan yang kira-kira melebihi limit ketinggian itu tidak bisa masuk," tambahnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/04/10/095614678/operasikan-semua-gardu-tol-cileunyi-siapkan-2-alternatif-antisipasi-mudik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke