Salin Artikel

Surat Kemendagri Turun, Yana Mulyana Dilantik Jadi Wali Kota Bandung Definitif Pekan Depan

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan Yana Mulyana sudah bisa dilantik sebagai wali kota Bandung definitif. 

Kepastian itu didapatkannya dari SK pengesahan pengangkatan Yana Mulyana sebagai Wali Kota Bandung definitif dari Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung menggantikan Oded M Danial yang diberhentikan karena meninggal dunia yang diterima Pemerintah Provinsi Jabar. 

"Saya sudah terima," kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil saat ditemui seusai pelantikan pengurus DPD Partai Demokrat tahun 2022-2027 di Bandung, Selasa (12/4/2022).

Emil mengatakan, meski sudah menerima surat putusan dari Kementerian Dalam Negeri, dia belum bisa melantik Yana dalam waktu dekat.

"Mungkin (pelantikan) tidak di minggu ini karena (jadwal) padat sekali, ada pak Jokowi (datang ke Jawa Barat), paling cepat minggu depan," beber dia.

Ditemui terpisah, Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengaku bersyukur surat keputusan pengesahan dan pengangkatan dirinya sudah keluar.

Meski demikian, dia hanya bisa menunggu kapan jadwal pelantikan dirinya sebagai wali kota Bandung definitif digelar.

"Saya sih taat asas, ikut saja. Kewenangan sudah ada di Pak Gubernur," tuturnya.

Meski ada beberapa masalah yang terjadi akibat kosongnya jabatan wali kota seperti tertundanya pelantikan ratusan guru SD dan SMP, Yana memastikan roda pemerintahan dan pelayanan  publik tetap berjalan.

"Intinya pelayanan ke publik enggak ada yang terganggu," pungkasnya. 

https://bandung.kompas.com/read/2022/04/12/182504278/surat-kemendagri-turun-yana-mulyana-dilantik-jadi-wali-kota-bandung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke