Salin Artikel

Antisipasi Kepadatan Arus Mudik di GT Cileunyi, Ini Tiga Skenario yang Disiapkan Polisi

Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Romin Thaib mengatakan, mereka telah berkoordinasi dengan Jasa Marga untuk menambah pemindai kartu (card reader) untuk meminimalisasi antrean dan mempercepat pemudik pengguna E-toll keluar pintu tol.

"Itu perlu ditambah supaya nanti petugas jemput bola, termasuk kita memperkuat gerbang satelitnya," kata Romin, di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (23/4/2022).

Romin juga mengatakan bahwa petugas di lapangan bakal mengarahkan pemudik yang bertujuan ke Jalur Selatan ke Tol Cisumdawu, sehingga bisa keluar di GT jatinangor, sehingga selanjutnya pemudik dapat menyesuaikan arah perjalanan mudiknya.

"Cb (cara bertindak) kedua adalah meneruskan orang untuk terus melaju ke tol Cisumdawu, silakan nanti mereka keluar di GT Jatinangor, itu menyesuaikan, dia mau ke arah mana," ucapnya.

Ketiga, apabila terjadi antrean panjang di GT Cileunyi, petugas di lapangan bakal mengatur kendaraan di GT Gedebage.

"Yang ketiga kita lihat di gerbang satelit, di GBLA," ucapnya.

Romim mengimbau masyarakat ikut berpartisipasi, dengan ikut merencanakan perjalanan mudiknya dengan mengakses informasi jalur yang akan dilalui dengan melihat akses aplikasi maps atau Google Maps.

"Untuk membuat arus mudik ini berjalan lancar, makanya kita harap masyarakat berpartisipasi. karena sekarang masyarakat kami anggap sebagai subjek bukan objek," ucapnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/04/23/221358778/antisipasi-kepadatan-arus-mudik-di-gt-cileunyi-ini-tiga-skenario-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke