Salin Artikel

Delman di Bandung Barat Dilarang Beroperasi Selama Masa Mudik Lebaran

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Belasan kusir delman di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dilarang beroperasi di jalan nasional selama momen mudik Lebaran tahun ini.

Larangan itu diberlakukan demi kelancaran arus mudik Lebaran khususnya di wilayah Padalarang, KBB.

Larangan itu berlaku sejak H-7 lebaran sampai H+7 lebaran atau selama momen mudik Lebaran.

Namun demikian, kusir delman masih dibolehkan mengangkut dan menurunkan penumpang di jalan non arteri.

"Kami sudah lakukan rapat dengan Pemda Bandung Barat, bahwa untuk kendaraan delman atau andong mulai H-7 sudah tidak beroperasi lagi, dan tidak akan melintas di jalur nasional," ujar Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto saat ditemui di Pos Pantau Mudik Padalarang, Selasa (26/4/2022).

Delman di kawasan Padalarang ini biasa beroperasi melalui jalan nasional menuju Pasar Tagog Padalarang. Jika dibiarkan beroperasi selama momen mudik Lebaran, dikhawatirkan angkutan delman menghambat arus lalu lintas para pemudik.

Pangkalan delman yang biasa berada di sekitar Pasar Tagog Padalarang akan dipindahkan ke Jalan Rancabali tanpa melintas di jalan raya.

"Mereka akan dipindahkan ke pertigaan jalan Rancabali. Sehingga tidak mengganggu arus mudik yang datang dari arah Cianjur," kata Sudir.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) KBB Lukmanul Hakim meminta agar puluhan kusir delman bisa bekerjasama demi kelancaran arus mudik lebaran tahun ini.

"Sudah dua tahun kita tidak ada momen mudik. Kita sama-sama peduli saja. Diharapkan teman-teman dari kusir delman bisa mengerti dan menghargai kebijakan ini," kata Lukman.

Lukman sadar betul kondisi ekonomi para kusir delman carut-marut karena terpukul pandemi Covid-19 dua tahun kemarin. Tidak sedikit mereka beralih profesi demi menyambung hidup.

"Data sebelum pandemi, jumlah delman di Padalarang sekitar 30 unit. Namun, jumlah itu berkurang seiring dua tahun pandemi kemarin," tuturnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/04/26/145709478/delman-di-bandung-barat-dilarang-beroperasi-selama-masa-mudik-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke