Salin Artikel

Urai Kemacetan di Nagreg Bandung, Polisi Alihkan Arus Kendaraan dari Arah Jakarta ke Garut

BANDUNG, KOMPAS.com - Guna mengurai kemacetan di kawasan Nagreg, Kabupaten Bandung pada H+2 atau Rabu (4/5/2022), jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bandung kembali memberlakukan pengalihan arus.

Kepala Polisi Resort Kota (Polresta) Bandung Komisaris Besar (Kombes) Pol Kusworo Wibowo mengatakan, pengalihan arus tersebut dilakukan guna mengurangi beban di jalur Limbangan.

Kepadatan tersebut, sambung dia, terjadi di arah barat ke arah timur. Diduga karena banyaknya wisatawan lokal yang berkendara ke lokasi wisata seperti Pantai Pangandaran atau destinasi lainnya.

"Kendaraan dari arah Jakarta kita alihkan ke Leles atau Kadungora (Garut), sehingga terpecah menjadi dua, sehingga kendaraan tidak semuanya terfokus ke arah Tasikmalaya," kata Kusworo ditemui, Rabu (4/5/2022).

Kusworo menyebut, sejak pagi sudah terlihat kendaraan roda dua dan empat memadati beberapa titik arus lalu lintas yang mengarah ke selatan, Jawa Barat.

Menurut dia, kepadatan yang terjadi hari ini lebih tinggi dibanding sebelum lebaran.

"Dengan adanya pengalihan arus itu, situasi lalu lintas kendaraan yang mengarah ke Tasikmalaya atau ke arah timur bisa lebih lancar," beber dia.

Kusworo menuturkan, pengalihan arus itu dilakukan secara situasional, tergantung kondisi di lapangan, terutama kawasan Limbangan.

"Kita mengurai kemacetan secara situasional dengan melihat kondisi lalu lintas di wilayah tetangga, yakni Limbangan, Kabupaten Garut. Karena jika kepadatan terjadi di kawasan itu, maka ekornya akan sampai Nagreg," tutur dia.

Hingga saat ini, pihaknya telah menurunkan tim pengurai dari Satuan Lantas dan Sabhara, guna memantau kondisi di lapangan.

"Kita akan terus monitor dengan wilayah-wilayah lain, tentunya ini tidak terlepas daripada kondisi di Garut maupun Tasikmalaya," kata Kusworo.

Pantauan Kompas.com arus lalu lintas yang mengarah ke timur lebih padat dibanding jalur yang mengarah ke barat.

https://bandung.kompas.com/read/2022/05/04/222223478/urai-kemacetan-di-nagreg-bandung-polisi-alihkan-arus-kendaraan-dari-arah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke