Salin Artikel

Kakek 61 Tahun yang Nikahi Gadis 19 Tahun di Cirebon Ternyata Juragan Tanah, Biaya Pernikahan hingga Rp 700 Juta

KOMPAS.com - Belum lama ini warganet dihebohkan dengan adanya pernikahan kakek berusia 61 tahun dengan gadis 19 tahun di Cirebon, Jawa Barat.

Kakek tersebut bernama H Sondani, yang merupakan juragan tanah. Sementara sang gadis bernama Fia Barlianti.

Pernikahan keduanya digelar di Desa Tegalgubug Lor, Kecamatan Arjawinangun, Cirebon, pada Rabu (18/5/2022) sekitar pukul 10.00 WIB.

"Kurang lebihnya begitu (juragan tanah), saya kalau ada tanah harganya murah beli dan dibuat kapling kemudian dijual lagi," kata H Sondani Sabtu (21/5/2022) dikutip dari TribunJabar.id.

Keluarkan biaya pernikahan hingga Rp 700 juta

Sebagai seorang juragan tanah, H Sondani tidak tanggung-tanggung memberikan mahar fantastis untuk Fia.

Adapun mahar tersebut mas kawin Rp 500 juta, rumah, mobil hingga umrah untuk keluarga sang istinya.

H Sondani mengaku, total biaya yang dikeluarkan untuk pernikahannya dengan Fia mencapai Rp 700 juta termasuk umrah bersama keluarganya.


Namun, kata Sondani, seluruh biaya itu dikeluarkan atas keinginannya sendiri bukan permintaan ataupun syarat dari Fia dan keluarganya.

"Itu murni keinginan saya, enggak ada tuntutan dari pihak mana pun," ujarnya.

Kata Sondani, biaya ratusan juta itu digunakan untuk mas kawin, mahar, hingga seserahan yang meliputi emas 55 gram, uang tunai 103 juta, sepeda motor, dan lainnya juga.

Bukan itu saja, Sondani juga memberikan perabotan kamar yang terdiri dari kasur, lemari, dan lainnya yang nilainya kira-kira mencapai Rp 11 juta.

"Hitung-hitungan saha sampai berangkat umrah bersama keluarga anggarannya mencapai Rp 300 jutaan, tapi enggak masalah," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dusun 3 Desa Tehalgubug Lor AH Faisal mengatakan, usia Fia saat menikah 19 tahun lebih 2 bulan, dan sudah memenuhi batasan usai minimal untuk menikah.

Sementara, sambungnya, Sondani berstatus cerai mati. Status itu, kata Faisal, diketahui berdasarkan surat keterangan dari Desa/Kecamatan Arjawinangun, Cirebon.

"Persyaratan yang diberikan juga sudah lengkap, sehingga kami yang bertugas di desa juga hanya melayani sebaik mungkin," ujar Faisal.

 

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul CERITA H Sondani Kakek di Cirebon Keluarkan Rp 700 juta Nikahi Gadis 19 Tahun, Buat Apa Saja?

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul SOSOK H Sondani Kakek 61 Tahun Nikahi Gadis 19 Tahun, Sang Juragan Tanah Siap Bulan Madu Ke Tegal

https://bandung.kompas.com/read/2022/05/21/162115178/kakek-61-tahun-yang-nikahi-gadis-19-tahun-di-cirebon-ternyata-juragan-tanah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke