Salin Artikel

Keluarkan Biaya Rp 700 Juta untuk Nikahi Gadis 19 Tahun, Kakek 61 Tahun: Murni Keinginan Saya

KOMPAS.com - Seorang kakek berusia 61 tahun di Cirebon, Jawa Barat, bernama H Sondani menikahi gadis 19 tahun bernama Fia Barlianti.

Tak tanggung-tanggung, total biaya yang dikeluarkan Sondani untuk pernikahannya dengan Fia mencapai Rp 700 juta termasuk umrah bersama Fia dan keluarganya.

Pernikahan keduanya digelar di Desa Tegalgubug Lor, Kecamatan Arjawinangun, Cirebon, pada Rabu (18/5/2022) sekitar pukul 10.00 WIB.

Sondani mengatakan, seluruh biaya itu dikeluarkan atas keinginannya sendiri, bukan permintaan atau pun syarat dari Fia dan keluarganya.

"Itu murni keinginan saya, enggak ada tuntutan dari pihak mana pun," kata Sondani, Sabtu (22/5/2022), dikutip dari TribunJabar.id.

"Hitung-hitungan saya sampai berangkat umrah bersama keluarga anggarannya mencapai Rp 300 jutaan, tapi enggak masalah," sambugnya.


Sondani mengatakan, untuk pemberangkatan umrah akan dibagi menjadi dua gelombang. Sebab, lanjutnya, ayah Fia atau mertuanya kini sedang sakit.

Rencananya, rombongan pertama yang berjumlah enam orang akan berangkat umrah pada akhir Juni 2022, dan rombongan kedua setelah Idul Adha.

"Saya, Fia, dan keluarga yang berjumlah 16 orang ini rombongan kedua, rencananya terbang ke Tanah Suci setelah Idul Adha," ungkapnya.

Juragan tanah

Kakek 61 tahun yang menikahi gadis 19 tahun ternyata juragan tanah.

Sondani tak menampik biaya fantastis yang dikeluarkan untuk pernikahannya dengan Fia berasal dari usahanya menekuni jual beli tanah.

"Kurang lebihnya begitu (juragan tanah), saya kalau ada tanah harganya murah dibeli dan dibuat kapling kemudian dijual lagi," ujarnya.

 

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul CERITA H Sondani Kakek di Cirebon Keluarkan Rp 700 juta Nikahi Gadis 19 Tahun, Buat Apa Saja?

https://bandung.kompas.com/read/2022/05/21/175655678/keluarkan-biaya-rp-700-juta-untuk-nikahi-gadis-19-tahun-kakek-61-tahun-murni

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke