Salin Artikel

Berubah Jadi Ormas, Kelompok XTC, Brigez, Moonraker, dan GBR Sukabumi Tolak Kelompok Berandalan Bermotor

SUKABUMI, KOMPAS.com - Kepala Polres Sukabumi Kota Sy Zainal Abidin mengatakan, beberapa kelompok bermotor sudah bertransformasi menjadi organisasi kemasyarakatan (ormas) yang terdaftar resmi di pemerintah.

Namun permasalahannya, masih banyak di antara para anggota ormas kelompok bermotor ini yang memiliki pola pikir, pola tindak, dan doktrin seperti kelompok bermotor sebelumnya.

"Hari ini dibuat komitmen untuk mempertegas posisi mereka selaku organisasi kemasyarakatan yang harus mendukung terwujudnya situasi keamanan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota," ungkap Zainal.

"Juga memberikan kontribusi positif dalam proses pembangunan," sambung dia.

Hal ini disampaikan Zainal dalam konferensi pers setelah Deklarasi Menolak Kegiatan Berandalan Bermotor di halaman Polres Sukabumi Kota, Jumat (27/5/2022).

Hadir pada konferensi pers tersebut unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Sukabumi, dan tokoh ulama.

Selain itu hadir perwakilan kelompok bermotor yang bertransformasi menjadi ormas yaitu XTC, Brigez, Moonraker, dan GBR.

Menurut Zainal pihak kepolisian sudah meminta komitmen kepada pengurus empat ormas yang sebelumnya kelompok bermotor untuk mendata anggota.

Juga mensosialisasikan komitmen yang sudah ditandatanganinya pada deklarasi pernyataan sikap kepada seluruh anggota.

"Bila ada anggotanya yang melakukan tindakan kriminal kami meminta kepada mereka untuk mencabut keanggotaannya dan mencabut atribut yang ada," kata Zainal.

Tembak di tempat

Pada kesempatan itu, Zainal mengatakan kepolisian akan bertindak tegas secara terukur alias tembak di tempat bagi yang mengganggu kamtibmas di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

"Apalagi bila ada ancaman terhadap nyawa anggota kepolisian maupun masyarakat, kami tidak ragu-ragu akan
menindak tegas secara terukur tembak di tempat kepada para pelaku," kata dia.

Ketua DPRD Kota Sukabumi Kamal Suherman menyambut positif deklarasi penolakan kelompok berandalan bermotor dan mendukung langkah dan tindakan yang dilaksanakan Polres Sukabumi Kota.

"Karena masyarakat ini sangat mengharapkan Kota Sukabumi aman dan nyaman," kata Kamal pada konferensi pers.

Menurut dia langkah tegas secara terukur hingga tembak di tempat yang akan dilaksanakan kepolisian merupakan kewenangan dan sesuai standar operasional.

"Tentunya polisi tidak sembarangan melakukannya. Meskipun berat, tapi karena terpaksa demi ketertiban dan keamanan apa boleh buat," ujar Kamal.

"Terpaksa ditembak di tempat daripada membahayakan dan lebih banyak korban lagi nantinya," sambung dia.

Pada konferensi pers itu, para perwakilan perkumpulan XTC, Brigez, Moonraker, dan GBR juga membacakan pernyataan sikap menolak kelompok berandalan bermotor.

Di antaranya menyatakan bahwa XTC, Brigez, Moonraker, dan GBR bukan merupakan kelompok berandalan bermotor atau geng motor, namun sebuah organisasi yang resmi di mata hukum.

Menolak keras tindakan kekerasan dan tindakan bertentangan dengan hukum yang dilakukan kelompok berandalan bermotor dan oknum tertentu yang mengatasnamakan XTC, Brigez, Moonraker dan GBR.

Juga mereka siap membantu TNI, Polri, dan Pemerintah Kota Sukabumi dalam menjaga keamanan ketertiban masyarakat.

Pernyataan sikap ditandatangani di atas materai oleh masing-masing perwakilan, yakni Robin Gunawan (XTC), Isa Resmana Biana (Brigez), Willy Kurniawan (Moonraker) dan Wendi Rahadian (GBR).

https://bandung.kompas.com/read/2022/05/27/174931278/berubah-jadi-ormas-kelompok-xtc-brigez-moonraker-dan-gbr-sukabumi-tolak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke