Salin Artikel

Anak Ridwan Kamil Hilang di Sungai Aaree Swiss, Keluarga: Eril Sempat Pastikan Titik Mana yang Aman untuk Berenang

KOMPAS.com - Anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), hilang saat berenang di Sungai Aaree Bern, Swiss, pada Kamis (26/5/2022) siang.

Sebelum insiden tersebut, Eril sempat memastikan lokasi mana yang aman untuk berenang.

Hal ini disampaikan adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman, dalam jumpa pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (28/5/2022).

“Berdasarkan keterangan famili di Swiss, sebelum kegiatan berenang, Eril memastikan titik mana yang aman,” ujarnya.

Elpi mengatakan, ada beberapa hal yang diperhatikan Eril sebelum memilih lokasi berenang, salah satunya memastikan lokasi tersebut memiliki anak tangga untuk turun ke sungai.

Selain itu, hal lain yang dipasikan Eril adalah adanya wisatawan di lokasi.

“Dia memastikan ada wisatawan lain atau tidak. Ia juga memantau apakah ada lansia dan anak-anak di sekitar. Eril memperhatikan sisi safety,” ucapnya.

Menurut Elpi, Eril merupakan sosok bertanggung jawab. Hal ini terlihat dari sejumlah pertimbangan Eril sebelum menentukan tempat berenang.

Anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu juga menentukan siapa saja dari rombongannya yang layak turun berenang.

Hingga akhirnya Eril berenang bersama adiknya, Camillia Laetitia Azzahra, dan seorang temannya. Adapun ibunya, Atalia Praratya, tidak ikut berenang.

Saat hendak naik ke daratan, Elpi meyakini Eril berada di posisi belakang untuk memastikan keselamatan adik dan temannya.

“Kami yakin karena rasa tanggung jawab beliau (Eril), beliau mengambil posisi paling belakang. Ini agar teman kita selalu terlihat,” ungkapnya.

Namun, ketika adik dan temannya sudah berada di darat, Eril diduga terseret arus Sungai Aaree.

“Meski secara fisik dan mental siap, lokasi safety, ada ukuran di luar kemampuan manusia. Itu qodarullah,” tutur Elpi.

Pencarian Eril terus dilakukan

Hingga hari ketiga menghilangnya Eril, upaya pencarian terhadap anak Ridwan Kamil tersebut terus dilakukan.

Duta Besar Indonesia untuk Swiss Muliaman Hadad menjelaskan, pada Sabtu ini, tim Search and Rescue (SAR) dari unsur polisi, polisi medis, dan pemadam kebakaran bakal kembali melakukan pencarian.

Pencarian rencananya dimulai pukul 08.30 waktu setempat atau 13.30 WIB. Pencarian kali ini, terang Muliaman, akan dilangsungkan lebih intensif dibanding sebelumnya.

“Tim SAR menerjunkan search boat dan drone untuk menyisir tepian Sungai Aare, serta melakukan penyelaman,” jelasnya dalam konferensi pers daring, Sabtu.

Namun, untuk penyelaman, disesuaikan dengan kondisi Sungai Aare.

https://bandung.kompas.com/read/2022/05/28/180000078/anak-ridwan-kamil-hilang-di-sungai-aaree-swiss-keluarga-eril-sempat-pastikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke