Salin Artikel

Mendagri Keluarkan Izin Dinas Luar Negeri untuk Ridwan Kamil

BANDUNG, KOMPAS.com - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, Menteri Dalam Negeri telah memberikan izin dinas luar negeri dengan alasan penting bagi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Izin itu diberikan mengingat Ridwan Kamil masih berada di Swiss untuk memantau proses pencarian anak sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), yang hilang terseret arus di Sungai Aare, Bern, Swiss, Kamis (26/5/2022) lalu.

Berdasarkan kronologinya, kata Setiawan, izin perjalanan dinas luar negeri Ridwan Kamil dimulai pada 21-28 Mei 2022 untuk berkegiatan di Italia, Inggris, dan Swiss.

Namun, dengan musibah ini Pemprov Jabar berinisiatif mengajukan izin dinas luar negeri dengan alasan penting.

"Pak Gubernur memang ada acara perjalanan dinas luar negeri dari 21-23 Mei posisinya di Italia untuk Round Table Meeting terkait energi terbarukan," tutur Setiawan di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (30/5/2022).

Lalu 24-26 Mei posisinya di Inggris terkait capacity buliding pengembangan SDM makanya serangkaian diskusi dengan universitas dilakukan di samping business meeting lainnya dan 27-28 di Swiss tentang waste management.  

"Kemudian karena adanya musibah, Pemprov Jabar mengambil inisiatif untuk tanggal 29 Mei sampai 4 Juni meminta kepada Menteri Dalam Negeri terkait izin. Alhamdulillah tanggal 28 Mei lalu Mendagri memberikan surat izin kunjungan luar negeri dengan alasan penting," tambahnya.

Setiawan menambahkan, izin tersebut telah dikeluarkan Mendagri dengan catatan roda pemerintahan harus tetap berjalan. Karena itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum akan menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Jawa Barat.

"Di dalam surat Mendagri disebutkan, pemerintahan di Jabar harus berjalan. Kedua, yang menjadi pimpinan selama Pak Gubernur izin dipimpin Wagub yang harus berkoordinasi dengan dan tanggung jawab tetap berada di tangan Gubernur. Itu poin pentingnya," ungkap Setiawan.

Juru bicara keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman berterima kasih kepada Pemprov Jabar yang telah berinisiatif mengajukan izin dinas luar negeri bagi Ridwan Kamil.

Ia mengatakan, Sabtu (28/5/2022) lalu, Ridwan Kamil menghubunginya untuk memastikan roda pemerintahan tetap berjalan selama ia berada di Swiss.

"Jadi inisiatif ini datang dari Pemprov. Dua hari lalu saya ditelepon Kang Emil dan menanyakan karena berdasarkan yang ia ketahui, posisi beliau di luar negeri adalah dinas dan hari Senin harus berdinas di Kota Bandung," tutur dia.

"Sehingga beliau menanyakan apakah ada situasi yang memungkinkan agar beliau bisa fokus bersama keluarga, dan beliau ingin memastikan tidak ada hal administratif yang kemudian tidak terpenuhi," pugkasnya. 

https://bandung.kompas.com/read/2022/05/30/114710378/mendagri-keluarkan-izin-dinas-luar-negeri-untuk-ridwan-kamil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke