Salin Artikel

Ditargetkan Rampung 2023, Warga Sambut Renovasi Alun-alun Karawang

KARAWANG, KOMPAS.com - Warga menyambut renovasi Alun Alun Karawang, Jawa Barat. Alun-alun tersebut ditargetkan rampung dibangun Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada 2023.

Alun Alun Karawang berada di Jalan Tuparev, Karawang Barat depan Masjid Agung Syekh Quro. Lokasinya berada di pusat bisnis dan perkotaan Karawang.

Terlihat tugu berdiri di tengahnya berwarna putih. Tugu tersebut nampak usang dan berlumut. Sejumlah keramik di alun-alun itu juga banyak yang retak dan kotor.

Sejumlah warga melakukan aktivitas di lokasi itu. Ada pedagang kopi dan minuman menggelar lapaknya di tengah area. Di sekeliling alun-alun itu juga ramai pedagang kaki lima.

Melihat kondisinya yang usang, sejumlah warga pun mendukung Alun-alun Karawang direnovasi.

"Bagus kalau betul mau dibagusin alun-alun, soalnya kondisinya kumuh begini," kata Adrian, Rabu (1/6/2022).

Dia berharap pembangunan alun-alun ini segera terlaksana dengan baik.

Hal yang sama disampaikan Siska, warga lainnya. Ia berharap renovasi alun-alun dibarengi dengan penataan pedagang kaki lima.

"PKL harus ditata. Selain itu juga harus dirawat dengan apik," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan, pembangunan Alun-alun Karawang bersumber dari APBD Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat.

Konsep pembangunannya juga dibuat oleh tim dari Pemprov dan ada penyesuaian desain dari Pemkab Karawang.

"Tentu ini hal yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat. Alun-alun ini kan program gubernur jawa barat," katanya.

Cellica juga meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang untuk menyampaikan progres untuk mempercepat pembangunan. Tujuannya agar masyarakat tahu dan pembangunan itu selesai sesuai target.

"Seluruh dinas harus berkoordinasi dan harus menyampaikan progresnya, karena jelas mulai bulan Juni ini harus terealisasi. Jadi tidak mungkin ada pembangunan yang tidak selesai, jadi tidak mungkin kalau kitanya gercep (gerak cepat),” tambahnya.

Cellica berharap pada 2023 mendatang Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bisa meresmikan Alun-alun Karawang. Ia juga berharap seluruh OPD untuk bersinergis baik dengan Provinsi Jabar.

https://bandung.kompas.com/read/2022/06/02/092746478/ditargetkan-rampung-2023-warga-sambut-renovasi-alun-alun-karawang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke