Salin Artikel

Ada Ulama yang Mendampingi Ridwan Kamil Saat Mandikan Jenazah Eril

Saat memandikan Eril, sapaan Emmeril, Ridwan Kamil didampingi ulama Swiss.

"Alhamdulillah, tata cara pelaksanaan secara syariat Islam dilakukan oleh Kang Emil dan juga ulama setempat, serta petugas yang beragama Islam," kata adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/6/2022).

Menurut Elpi, kakaknya langsung mengusap, memeluk, dan mengumandangkan azan untuk Eril.

Sebelum mengumandangkan azan, Ridwan Kamil disebut bertanya dengan ulama itu terlebih dahulu.

"Sebelum mengazankan, Kang Emil sempat menanyakan kepada ulama setempat, apakah boleh atau tidak Kang Emil mengazankan almarhum? Ulama setempat menyatakan dipersilakan," ucapnya.

Setelah memandikan jenazah sesuai tata cara syariat Islam, Ridwan Kamil menghubungi keluarga besar di Indonesia, termasuk istrinya, Atalia Praratya.

"Kemudian keluarga inti diberikan kesempatan untuk melihat suasana ruangan dan kemudian menyaksikan Kang Emil mendoakan Eril," ucapnya.

Melalui akun instagramnya, Ridwan Kamil menuturkan sudah melihat, memeluk, membelai, dan memandikan jasad Eril sesuai syariat Islam.

Selain itu, ia juga sudah mengumandangkan azan di depan jasad Eril.

"MASYA ALLAH, Walau sudah lewat 14 hari, jasadnya masih utuh, lengkap tidak kurang satu apapun, wajah rapih menengok ke kanan dan saya bersaksi, jasad Eril wangi seperti wangi daun eucalyptus. Sungguh mukjizat kecil yang sangat kami syukuri," tulis Emil dalam unggahan Instagram-nya.

"Maha Besar Allah, atas ijinMu, selama 14 hari sungai Aare benar-benar melindungi dan mensucikan jasadnya dari marabahaya," sambung.

Penulis: Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

https://bandung.kompas.com/read/2022/06/10/231917978/ada-ulama-yang-mendampingi-ridwan-kamil-saat-mandikan-jenazah-eril

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke