Salin Artikel

Di Samping Pusara Eril, Ridwan Kamil Bacakan Untaian Kata Penuh Cinta tentang Mendiang Putranya

KOMPAS.com - Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril telah dimakamkan di area Islamic Center Baitul Ridwan, Desa Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar), Senin (13/6/2022).

Beberapa saat selepas jenazah Eril dikebumikan, ayah Eril, Ridwan Kamil, menyampaikan pidato.

“Izinkan saya sampaikan sepenggal rasa cinta, siapa itu Eril, dan apa hikmah dari kepergian Eril,” ujar Gubernur Jabar tersebut di samping pusara putranya.

Pria yang kerap disapa Emil ini mengatakan, dalam 23 tahun usia Eril, ia menjadi sosok yang dicintai.

“23 tahun mungkin belum cukup untuk menghasilkan karya-karya yang besar, tapi terbukti memadai untuk menjadi manusia yang dicintai dengan akbar. Kami belajar tentang hidup yang tidak semata-mata terdiri atas lamanya hari, tapi tiap hela napas yang dipakai berbuat baik walau kecil dalam sehari-sehari,” ucapnya.

Emil menuturkan, keluarga sempat terpukul atas meninggalnya Eril. Namun, kini, keluarga telah mengikhlaskan kepergiannya.

“Kami mengikhlaskan Eril pergi karena kami menyadari bahwa Allah telah mencukupkan seluruh amalnya untuk menutupi kemungkinan bertambah kekhilafannya. Mungkin akan berat, tapi kami sudah menyiapkan hati kalau kami tidak akan lagi melihat jasadnya untuk terakhir kali,” ungkapnya.

Pada penutup pidatonya, Emil mengungkapkan bahwa dirinya selaku orangtua merasa bersyukur atas kehadiran Eril di kehidupannya

“Terakhir, kami sangat bersyukur dianugerahi seorang putra, yang dalam kehidupannya, bahkan dalam pulangnya, masih mendatangkan cinta kepada kami, sang orangtua,” tuturnya.

Selawat dan tahlil dilantunkan saat peti jenazah Eril dimasukkan mobil jenazah.

Di dalam mobil jenazah, Emil dan istrinya, Atalia Praratya, serta anak perempuannya, Laetitia Azzahra, menemani peti jenazah Eril.

Saat mobil jenazah mulai melaju, tampak sejumlah warga berdiri di kanan kiri jalan untuk melepas Eril menuju peristirahatan terakhir.

Para pelajar turut hadir. Di antara mereka, bahkan ada yang membawa spanduk bertuliskan "Selamat Jalan Aa Eril".

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Bandung, Dendi Ramadhani | Editor: David Oliver Purba, Candra Setia Budi)

https://bandung.kompas.com/read/2022/06/13/151100678/di-samping-pusara-eril-ridwan-kamil-bacakan-untaian-kata-penuh-cinta-tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke