Salin Artikel

Takziah ke Rumah Asep, Bobotoh yang Meninggal, Ini Kata Wali Kota Bandung

Asep adalah salah satu bobotoh yang tewas sebelum berlangsungnya pertandingan antara Persib Bandung dan Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jumat (17/6/2022).

"Saat ini saya mewakili pemerintah Kota Bandung, takziah ke tempat ini menyampaikan belasungkawa atas musibah yang terjadi kepada Bobotoh pada saat pertandingan tadi malam antara Persib dengan Persebaya. Kita yakini bahwa ini memang Qadarullah (takdir Allah)," kata Yana seusai takziah, di Jalan Cibaduyut, Kota Bandung, Sabtu (18/6/2022).

Selaku pihak pengeola Stadion GBLA, Yana mengaku belum bisa terlalu banyak berkomentar terkait tewasnya dua bobotoh yang diduga akibat berdesak-desakan di pintu masuk stadion.

"Yang lebih berkompeten nanti menyampaikan Panpel ya, panitia pelaksana," ungkapnya.

Evaluasi

Yana berharap panitia pelaksana pertandingan bisa melakukan evaluasi khususnya dalam hal pengaturan masuk dan keluar penonton.

Sebab, setelah dua tahun pertandingan Persib ditunda dan digelar tanpa penonton, antusiasme bobotoh dan suporter sepak bola sangat tinggi untuk mendukung tim kesayangannya berlaga.

"Mudah-mudahan ini menjadi pelajaran karena setelah dua tahun Persib tidak melakukan pertandingan di rumahnya atau homebase-nya, sehingga terjadi euforia yang luar biasa dari para Bobotoh. Mudah-mudahan tidak terjadi lagi hak seperti ini," harap Yana.

Patuhi rekomendasi aparat

Terkait boleh atau tidaknya Stadion GBLA kembali digunakan untuk menggelar pertandingan sepakbola, Yana mengaku pasrah dengan keputusan pihak kepolisian.

"Tentunya kita akan mematuhi rekomendasi dari aparat keamanan dan kesiapan juga panitia pelaksana, nanti kita lihat. Tapi ini tentunya menjadi bahan evaluasi kita bersama lah," jelasnya.


Yana berharap, jika Stadion GBLA masih bisa digunakan kembali untuk menggelar pertandingan Persib Bandung di ajang Liga Indonesia, bobotoh bisa bersikap dewasa dan tertib serta tidak memaksakan ke stadion jika tidak memiliki tiket.

"Kalau kita semua bisa menaati aturan dan tertib, kondusif, mudah-mudahan akan jauh lebih baik," tandasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/06/18/204016478/takziah-ke-rumah-asep-bobotoh-yang-meninggal-ini-kata-wali-kota-bandung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke