Salin Artikel

Ridwan Kamil Sebut Jelang Idul Adha, Jabar Kekurangan Vaksin PMK

Emil, sapaan akrabnya, mengatakan jumlah hewan kurban di Jabar mencapai 800.000 ekor. Sementara ketersediaan vaksin PMK yang disuplai dari pemerintah pusat masih terbatas.

"Ya selalu pasti kurang ya karena untuk kurban sendiri 800.000 ekor yang harus dipotong. Karena memang vaksin PMK seperti awal Covid seadanya," kata Emil di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/6/2022).

Pekan ini, lanjut Emil, Jabar mendapat jatah 70.000 vaksin yang akan segera disuntikan untuk hewan kurban yang sehat.

"70.000 vaksin minggu ini akan disuntikan ke hewan yang sehat. Domain pengadaannya dari pusat. Jadi idealnya (kebutuhan vaksin) 10 kali lipat," ungkapnya.

Meski demikian, Emil meminta masyarakat tak khawatir. Ia menyarankan warga agar memeriksa kondisi kesehatan hewan kurban.

"Sampaikan ke warga masyarakat jangan khawatir. Pas mau kurban lihat saja dia punya sertifikat dan ditandakan lempeng kuning pada kupingnya nanti ada barcode juga bisa dicek," ujarnya.

Menurut Emil, tingkat kesembuhan hewan yang terkena PMK di Jabar cenderung naik. Ia pun berharap penanganan penyakit itu bisa segera terkendali.

"Kasus PMK ini terus berupaya mengurangi potensi. Tingkat kesembuhan juga naik jadi mudah-mudahan meningkat terus, tahun ini bisa dikendalikan," jelasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/06/22/135820078/ridwan-kamil-sebut-jelang-idul-adha-jabar-kekurangan-vaksin-pmk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke