Salin Artikel

17 Kendaraan Terlibat Kecelakaan di Tol Cipularang Km 92, Apa Penyebabnya?

KOMPAS.com - Kecelakaan di Tol Cipularang Km 92 arah Jakarta pada Minggu (26/6/2022) malam melibatkan 17 kendaraan.

Apa yang menyebabkan banyak kendaraan terlibat tabrakan?

Kepala Induk Patroli Jalan Raya (PJR) Ruas Tol Cipularang AKP Denny Catur mengatakan, saat peristiwa itu terjadi, arus lalu lintas ke arah Jakarta memang sedang padat.

Padatnya arus lalu lintas disebabkan banyaknya warga yang kembali ke Jakarta dari Bandung. Mereka memilih berangkat pada malam hari.

Di samping itu, lokasi kejadian dikenal sebagai tempat yang rawan kecelakaan. Pasalnya, kontur jalan menurun dari arah timur ke barat, sehingga banyak kendaraan melaju kencang.

"Hal ini membuat sejumlah kendaraan kurang bisa mengantisipasi sehingga terjadi kecelakaan," ujarnya, Minggu, dikutip dari Tribun Jabar.

Mengenai penyebab kecelakaan di Tol Cipularang Km 92 kali ini, Denny menuturkan bahwa pihaknya bersama Polres Purwakarta masih menyelidikinya.

"Arus lalu lintas memang cukup padat dan posisi jalan di TKP memang menurun, jadi mungkin kurang antisipasi. Mungkin juga ada kendala dari beberapa kendaraan," ucapnya.

Menurut penuturan seorang saksi mata, kecelakaan di Tol Cipularang Km 92 pada Minggu sekitar pukul 21.00 WIB itu bermula dari sebuah bus yang hilang kendali.

Perempuan tersebut mulanya melihat bus yang melaju lebih kencang dan menyalip beberapa kendaraan. Akan tetapi, laju bus tidak terkendali.

"Alhamdulillah aku, suamiku, bapakku, adikku, selamat. Kita berempat habis nengokin anak di Bandung. Alhamdulillah selamat," ungkap korban saat memvideokan kecelakaan tersebut.

Korban lainnya, Dede Hidayat, mengaku mobil yang ia kemudikan tertabrak oleh mobil di belakangnya. Saat itu, mobil Dede berada di lajur kiri.

“Sebelah kiri dekat pembatas,” tuturnya, dilansir dari Kompas TV.

Akibat hantaman itu, mobil Dede sampai berbalik arah.

“Mobil saya sampai balik ke belakang,” jelasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Kilometer 92 Tol Cipularang Terkenal Rawan Kecelakaan, Jalannya Menurun

https://bandung.kompas.com/read/2022/06/27/120000978/17-kendaraan-terlibat-kecelakaan-di-tol-cipularang-km-92-apa-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke