Salin Artikel

Dramatis, Petugas Pingsan saat Evakuasi Warga Kuningan Tercebur Sumur

KUNINGAN, KOMPAS.com - Seorang warga di Desa Cikupa, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, tercebur ke dalam sumur sedalam 12 meter, kamis (7/7/2022) malam.

Tim BPBD hingga Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kuningan berusaha mengevakuasi jasad warga tersebut hingga beberapa jam.

Tampak dalam video dokumentasi milik Damkar Kabupaten Kuningan, detik-detik penyelamatan jasad Ana Juhana (33) warga Desa Cikupa, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, dari dalam sumur.

Jasad Juhana ditemukan sudah dalam kondisi kaku dan meninggal dunia. Petugas menduga Juhana sudah berada di dalam sumur kurang lebih 24 jam.

Proses penyelamatan dilakukan oleh tim BPBD, UPTD Damkar Kabupaten Kuningan, Polsek Darma, dan Koramil Kadugede. Mereka menyelamatkan menggunakan tali dan juga alat lainnya.

Dalam video dokumentasi, penyelamatan jasad Juhana berlangsung secara dramatis. Pasalnya, petugas BPBD dan Damkar yang diterjunkan untuk masuk ke dalam sumur, sempat pingsan.

Diduga, petugas terkendala kandungan gas yang cukup banyak di dasar sumur. Petugas kesulitan bernapas sehingga harus segera diselamatkan.

Muhamad Khadafi, Kepala UPTD Damkar Dinas Satpol PP Kabupaten Kuningan menyampaikan, Juhana sempat dikabarkan menghilang selama satu hari. Tiba-tiba salah seorang keluarga melihat jasad Juhana sudah mengambang di sumur.

Mereka langsung berkoordinasi dengan para petugas untuk melakukan pengangkatan.

"Adanya gas beracun di dalam sumur, serta kecilnya diameter sumur kurang lebih 60 cm dan kedalaman mencapai kurang lebih 15 meter sempat menyulitkan proses evakuasi," kata Khadafi dalam laporannya.

Khadafi menyebut, jasad Juhana diserahkan ke keluarga untuk dimakamkan. Petugas yang sempat pingsan juga kembali membaik setelah mendapatkan penanganan medis di lokasi.

Proses evakuasi berlangsung sekitar lima jam hingga jasad berhasil dikeluarkan dari sumur.

Khadafi mengimbau agar setiap orang yang memiliki sumur untuk menutup rapat lobang sumurnya menghindari kejadian serupa, binatang, atau benda lain masuk ke sumur.

https://bandung.kompas.com/read/2022/07/08/105530178/dramatis-petugas-pingsan-saat-evakuasi-warga-kuningan-tercebur-sumur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke